Mutasi Istri ke Depok ==> success story

January 15, 2010 at 6:46 am 41 comments

Alhamdulillah, setelah hampir 2.5 tahun bolak-balik jakarta-lampung setiap minggu, sekarang sudah bisa berkumpul bersama dengan istri & anak tercinta di rumah kami di Depok.

Puji Syukur kepada Allah SWT, karena hanya dengan bantuan-NYA kami berhasil memindahkan istri dari PEMKOT Bandar Lampung ke PEMKOT Depok.

Sebenarnya Istri saya juga sudah lulus untuk tes mutasi ke PEMDA DKI, tetapi karena beberapa pertimbangan, terutama karena PEMKOT DEPOK yang telah memberikan konfirmasi penerimaan terlebih dahulu dan jarak rumah ke tempat kerja, maka kami putuskan untuk mutasi ke PEMKOT DEPOK bukan PEMDA DKI.

Sebenarnya proses untuk pengurusan mutasi istri sudah dimulai sejak tahun 2008 (pertengahan), tetapi saat itu kami fokus ke Dept. Pertanian dan PEMDA DKI. Tetapi mungkin karena kesibukan saya dikantor & pertimbangan bahwa istri saya sedang mengandung & membesarkan anak pada tahun 2008 (anak saya lahir pada awal Juli 2008), kami kurang intensif dalam mengusahakan mutasi istri saya tersebut.

Mulai pertengahan tahun 2009, sekitar bulan Juli, kami mendatangi PEMKOT DEPOK untuk menyakan kemungkinan untuk mutasi istri saya. Alhamdulillah, orang-orang di PEMKOT DEPOK sangat kooperatif & membantu, sehingga pada awal Agustus 2009, surat persetujuan pindah ke PEMKOT DEPOK (ditandatangani pak Walikota) sudah kami dapatkan.

Saat hampir bersamaan, sekitar akhir Juli 2009, istri saya mendapatkan undangan untuk tes sebagai syarat mutasi di PEMDA DKI. Dan Alhamdulillah, pada bulan November 2009, sudah keluar pengumuman bahwa sudah istri saya lulus dan dipersilahkan mengurus syarat2 administrasi selanjutnya. Karena kami sudah memutuskan untuk mutasi ke Depok saja, maka kami mengundurkan diri dari proses di PEMDA DKI.

Dan Alhamdulillah, mulai awal Januari 2010, istri saya sudah mulai bertugas di PEMKOT DEPOK.

Entry filed under: Mutasi PNS antar daerah. Tags: .

Sekilas Mengenai OSS Tips-Tips untuk mutasi PNS antar daerah (pengalaman pribadi)

41 Comments Add your own

  • 1. Tri Drian  |  January 15, 2010 at 6:54 am

    Pertamax, gan…

    Reply
  • 2. gyannara  |  January 15, 2010 at 6:59 am

    ceritain donk detail prosesnya, mulai proses pengajuannya bagaimana sampai dapat persetujuan, dokumen apa yang diperlukan, yang di test apa aja, waktu yang dibutuhkan berapa lama, dll

    Reply
  • 3. depok mania  |  January 15, 2010 at 10:54 am

    sabar bos, tunggu postingan setelah ini😀

    Reply
  • 4. puji setiani  |  March 23, 2010 at 4:10 am

    selamat ya mas sukses alhamdulillah…..
    btw bandar lampungnya dimana mas? kebetulan saya juga org bandar lampung ingin mutasi ke depok ikut suami…mohon doa dan infonya ya mas…salam buat keluarga….

    Reply
    • 5. depokmania  |  March 23, 2010 at 4:12 am

      Orang tua saya tinggal di Wayhalim, sedangkan mertua saya tinggal di Rajabasa.

      Kemarin sewaktu istri & anak tinggal di Bandar Lampung, kami tinggal di Rajabasa.

      Oke deh, good luck.

      Reply
  • 6. puji setiani  |  March 23, 2010 at 4:30 am

    oalah deketlah mas saya tinggal di gedong air sebelum kemiling. kalo di depok suamiku tinggal di cimanggis. kapan 2 kenalin sama istrinya ya mas biar ketemu sama2 perantau dari Lampung hehehehe…

    Reply
    • 7. depokmania  |  March 23, 2010 at 4:43 am

      Hehehehe …. Bolehlah kapan-kapan.

      Reply
  • 8. diane  |  June 4, 2010 at 3:57 am

    Selamat atas proses kepindahannya. Saya rencananya ingin mutasi juga ke proponsi lain. Artikel2nya membantu sekali, terimakasih pak. Semoga kepindahan saya juga lancar nanti.

    Reply
    • 9. depokmania  |  June 4, 2010 at 6:27 am

      Amin, terima kasih.

      Good luck ya, mudah2-an lancar bagi anda.

      Reply
  • 10. santi fauziah  |  November 22, 2010 at 2:53 am

    masa kerja udah brp tahun pak? udah hampir 3 tahun saya ngurus mutasi dari sumenep madura ke depok tapi belumbisa juga, padahal pihak depok sudah menerima tapi pihak sumenep belum mau melepas.

    Reply
    • 11. depokmania  |  November 22, 2010 at 3:51 am

      Masa kerja istri saya sewaktu mutasi adalah 3.5 tahun, sejak diterimanya SK CPNS dan 2.5 tahun sejak diterimanya SK PNS.

      Wah, ini yang repot bu, pihak daerah asal tidak mau melepas. Kl boleh tahu alasan pihak sumenep untuk menahan ibu apa ya? Oya, apakah alasan mutasi ibu untuk mengikuti suami atau alasan lainnya?

      Reply
  • 12. aulia  |  December 20, 2010 at 9:09 am

    saya PNS DIY, sedangkan suami PNS di Departemen Keuangan dan ditempatkan di Jakarta. untuk mutasi kerja di Pemda DKI prosedurnya bagaimana ya? karena saya sangat ingin pindah mengikuti suami tetapi tidak tahu prosedur yang tepat. Kalo berkenan, tolong di email ya, prosedur u pindah ke Pemda DKI trus saya harus menghubungi siapa. terima kasih atas bantuannya.

    Reply
    • 13. depokmania  |  December 20, 2010 at 11:00 am

      Bu Aulia,

      Akan saya jawab pertanyaan anda via email ya, seperti permintaan Anda.

      Reply
  • 14. Nurul Mahmudah Elfath  |  December 25, 2010 at 1:15 pm

    lebih enak di pemda dki to mas..

    Reply
    • 15. depokmania  |  December 27, 2010 at 9:49 am

      Pak Nurul,

      Kl dari sisi gaji & remunerasi memang enak di DKI, tp karena rumah saya di depok, maka kita pilih Pemkot Depok saja, supaya dekat rumah🙂

      Reply
  • 16. diane  |  January 10, 2011 at 1:57 am

    semoga proses mutasi saya jg bisa lancar nanti. Amin

    Reply
    • 17. depokmania  |  January 10, 2011 at 4:18 am

      Ok, semoga ya bu Diane🙂

      Reply
  • 18. nur hanifah  |  January 11, 2011 at 4:02 am

    pak mau tanya,, kalo pns pemda dki pindah ke pemda jawatengah misalny banjarnegara bisa kan ya pak,tapi suami pegawai swasta pak, butuh berapa taun dulu pak untuk mengabdi di dki dulu baru boleh pindah?makasi ya pak infonya

    Reply
    • 19. depokmania  |  January 11, 2011 at 6:34 am

      Dear bu Hanifah,

      Saya yakin bisa bu. Istri saya khan pegawai negeri, sedangkan saya khan pegawai swasta.

      Biasanya setidaknya butuh 2 atau 3 tahun mengabdi dulu, baru bisa pindah.

      Goodluck.

      Reply
      • 20. nur hanifah  |  January 12, 2011 at 12:33 am

        syarat yang harus siapin apa dulu pak?untuk mutasi tempat yang qita tuju tar boleh berapa pilihan pak?

  • 21. Angra Yoga  |  February 13, 2011 at 2:54 pm

    Selamat ya mas proses mutasinya succes… baru cari2 info langsung dapet ni..

    Ni istriqu juga kebetulan mau pindah ke depok, tapi ke tahan di gubernur lampung (pending). Kemaren di provinsi (gubernur) prosesnya gimana mas?? Thanks infonya

    Yoga (Korpri)

    Reply
    • 22. depokmania  |  February 14, 2011 at 2:45 am

      Dear mas Yoga,

      Alhamdulillah, iya terima kasih.

      Kemarin waktu dilampung saya cepet kok prosesnya, begitu menerima surat persetujuan dari pemkot Bandar Lampung, langsung bawa surat tersebut ke BKD Pemprov Lampung. Langsung deh 2 minggu kemudian surat persetujuan dari Gubernur keluar.

      Emang udah ditanyain lagi ke BKD pemprov Lampung, kira-kira kendalanya apa?

      Reply
      • 23. Yoga  |  February 16, 2011 at 3:01 pm

        Nah ya itu BKD bilangnya di pending sama pak Gubernur, alasannya mungkin masa kerja belum 5thn, padahal kalo ngeliat pengalaman di atas sama persis sama masa kerja istriqu ±3.5 thn sejak terima SK CPNS! Apa perlu ada “orang dalem” ya mas? pake ‘uang’ gak dulu ngurusnya? Saya ma istri juga udah coba ngadep langsung ma gubernurnya tapi belum bisa ketemu. Reply via email aja mas gpp.

        Thanks infonya

  • 24. Angra Yoga  |  February 16, 2011 at 3:13 pm

    Nah ya itu BKD bilangnya di pending sama pak Gubernur, alasannya mungkin masa kerja belum 5thn, padahal kalo ngeliat pengalaman di atas sama persis sama masa kerja istriqu ±3.5 thn sejak terima SK CPNS! Apa perlu ada “orang dalem” ya mas? pake ‘uang’ gak dulu ngurusnya? Saya ma istri juga udah coba ngadep langsung ma gubernurnya tapi belum bisa ketemu. Reply via email aja mas gpp.

    Thanks infonya


          

    Reply
    • 25. depokmania  |  February 17, 2011 at 2:06 am

      Mas Yoga,

      Akan saya jawab via email pribadi ke email Anda.

      Reply
  • 26. iwan mursalim  |  April 15, 2011 at 8:06 am

    Ass pa, sy sdh mengurus perpindahan tugas ke Pemprov DKI via teman tapi katax pindah ke DKI itu agak sulit lebih baik pindah dulu ke daerah Botabek atau depok itu lebih mudah nanti setelah beberapa lama br mengurus kembali pindah ke DKI. tlg gimana pendapat bapak, tlg melalui email saya sj. trims sebelumnya

    Reply
    • 27. depokmania  |  April 19, 2011 at 4:54 am

      Wlkmslm,

      Setahu saya memang untuk mutasi ke DKI lebih banyak proses dan ada tesnya, dibanding daerah lain. Bisa jadi pendapat teman anda benar. Tetapi saya fikir kl memang mau mutasi ke DKI, sebaiknya langsung saja ke DKI. Karena bila mutasinya ke depok atau bekasi dulu, baru mengajukan ke DKI, apakah tidak membuang waktu?

      Goodluck.

      Reply
  • 28. ita  |  April 24, 2011 at 5:23 am

    ass, pak wkt mendaftar sbg pns apakah istri anda ada menandatangani surat perjanjian mengenai tidak mengajukan mutasi selama bbrp thn? krn mnrt info anda pengajuan mutasinya kn 3.5th stlh SK CPNS keluar

    Reply
    • 29. depokmania  |  April 27, 2011 at 6:04 am

      Bu Ita,

      Wlkmslm, wah, saya kurang tahu ya. Soalnya sewaktu nikah, status istri sudah PNS🙂.

      Btw, tapi yakinlah, bila kita mengusahakan sesuatu yang baik, maka pasti akan dimudahkan oleh ALLAH SWT. Amin ….

      Reply
  • 30. ita  |  April 24, 2011 at 5:44 am

    lanjutan pertanyaan sy sblmnya pak, & apakah tdk ada kendala ( misalnya tekanan mental dr lingkungan kerja/pemkot ) dr pihak asal krn istri anda kan bru 2.5th mengabdi sbg PNS

    Reply
    • 31. depokmania  |  April 27, 2011 at 6:07 am

      Bu Ita,

      Alhamdulillah lingkungan kerja istri saya saat itu cukup toleran, karena mereka memahami bahwa kami terpisah. Dan mereka cukup kooperatif dan membantu.

      Reply
  • 32. kay  |  May 14, 2011 at 11:15 pm

    Pak mau tanya step2 apa saja yg harus dlalukan un mengurus mutasi ke depok?kl boleh tau alamat BKD n contact person yg bs dhub. dsana sapa ya?coz saya kepengen mengurus mutasi tp msh bingung juga krn ada ikatan dinas 7 thn.makasih

    Reply
  • 34. tias  |  July 13, 2011 at 5:26 am

    saya PNS salatiga, sedangkan suami PNS di Departemen Keuangan dan kaluarga juga ada di daerah lain. untuk mutasi kerja di Pemda daerah lain prosedurnya bagaimana ya? Kalo berkenan, tolong di email ya, prosedur u pindah ke Pemda daerah lain trus saya harus menghubungi siapa. terima kasih atas bantuannya.

    Reply
  • 36. Vea  |  July 14, 2011 at 8:01 am

    Kebetulan saya juga lagi dlm proses pindah mengikuti suami, sekarang dlm pengajuan *dari November 2010* ke Pemkot Depok.
    Saya juga udah ikut test dari BKD Depok di bulan Mei kemaren. Kata panitia 2 minggu sudah ada pemberitahuan. Pas di hubungi katanya sih saya termasuk yg lulus,entah ada pengumumannya atau gak. Soalnya saya posisi di kalimantan dan suami di Jkt, qt dulu cuma di kasi saran/ hp untuk contact person ke salah satu panitia.
    Yg bikin bingung, dlm 2 bln ni kok gada pemberitahuan kabar kapan berkas saya turun / di acc dari pak Walikotanya ya?
    Kalo di tanya pasti bilangnya masih dalam proses dan kadang kalo di hubungi via telp gak di angkat dan di sms gak di balas.
    Suami udah pernah menanyakan langsung ke BKD, humasnya bilang kalo mereka gak bisa maksa walikota untuk ttd. Jadi balik lagi ke pejabatnya. Nah lo..bikin bingung aja.

    Yg saya tanyakan :
    – Dulu waktu ngurus pindah istri ke Depok,makan waktu berapa lama berkas turun dari sekda / walikota sesudah di nyatakan lulus tes?
    – apakah benar ada “uang adm” ilegal u/ ngurus pindah ke Depok ? Kabarnya sekitar Rp.35 jt ke atas buat peg pindahan. *saya langsung ciut mendengar kabar ini*

    Mohon infonya ya,trims🙂

    Reply
    • 37. depokmania  |  July 15, 2011 at 7:37 am

      Bu Vea,

      Jawaban saya sbb:

      1. Saat mengurus mutasi istri saya, kami hanya menjalani seleksi administrasi (mengumpulkan berkas-berkas yang dibutuhkan dan membuat sebuah tulisan mengenai kota depok). Saat itu istri saya mengulas tentang potensi belimbing dikota depok dan bagaimana membuatnya menjadi lebih bernilai.

      Setelah semua dokumen lengkap diterima BKD kota Depok, saya menunggu kira-kira 2 minggu saja sampai dengan dikeluarkannya surat keputusan penerimaan permohonan mutasi istri saya. Surat tersebut ditandatangani oleh Bapak Walikota Depok.

      2. Pengalaman saya, tidak ada uang (serupiah pun) yang saya berikan ke pihak pemkot Depok, sampai dengan keluarnya surat persetujuan dari Walikota untuk mutasi saya. Saya sangat kagum saat itu, karena prosesnya sangat bersih. Saya fikir kabar bahwa ada pungutan ilegal tersebut harus diklarifikasi lebih lanjut bu. Jangan-jangan itu perbuatan oknum yang tidak bertanggungjawab.

      Goodluck.

      Reply
  • 38. diane  |  September 5, 2011 at 1:47 am

    mohon doanya semoga proses mutasi saya bisa cepat dan lancar juga. Amin

    Reply
    • 39. depokmania  |  September 14, 2011 at 5:55 am

      Bu Diane,

      Amin….

      Reply
  • 40. elsa  |  September 6, 2012 at 7:59 am

    Ass..kebetulan saya berencana pindah antar provinsi,daerah tujuan untuk pindah adalah jakarta timur,alasan saya pindah mengikuti suami.. Ɣªήğ ingin saya tanyakan apakah di daerah depok dan jakarta timur ada test buat pindah kesana?saya ingin menanyakan contoh permohonan pindah ke daerah Ɣªήğ kita tuju serta syarat syaratnya…makasi

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 377,304 hits

Categories


%d bloggers like this: