Nama = Doa

September 29, 2011 at 3:45 pm 2 comments

Segera setelah kelahiran putri ke-2 kami, sesegera itu pula kami mengintensifkan usaha kami untuk mencari nama yang sesuai untuk bayi kami. Sebenarnya istri saya sudah mempersiapkan sebuah nama, dan saya sudah menyetujuinya. Ternyata nama tersebut kurang baik artinya, bila dirujuk ke bahasa Al-Qur’an.

Memang kebiasaan kami untuk memberi nama anak-anak kami berdasarkan bahasa Al-Qur’an atau Arab, karena kami menganggap nama itu adalah doa. Jadi arti dari nama yang kami berikan kepada anak-anak kami merupakan doa kami bagi mereka. Alasan lain kenapa kami menggunakan rujukan bahasa Al-Qur’an untuk nama anak kami adalah karena kami sebagai umat islam, dalam berdoa biasanya menggunakan bahasa Al-Qur’an atau bahasa Arab.

Nama anak pertama kami adalah “Kamilah Afifah Nusyirwan”, dimana artinya adalah:
-. Kamilah : Sempurna/Lengkap
-. Afifah : Yang Mensucikan Diri/Yang Baik
-. Nusyirwan : merupakan nama belakang saya. Sehingga saya ingin menurunkan nama belakang saya kepada anak-anak saya.

Jadi doa kami kepada anak pertama kami adalah agar anak pertama kami dijadikan anak yang sempurna/lengkap, dan suka berbuat yang kebaikan untuk mensucikan dirinya

Sedangkan nama anak kedua kami adalah “Luthfiyah Aisyah Ramadhani Nusyirwan”, dimana artinya adalah:
-. Luthfiyah : Lemah Lembut
-. Aisyah : Hidup dan Sehat / dan merupakan nama dari istri Rasulullah SAW
-. Ramadhani : karena anak kami lahir dibulan suci Ramadhan, semoga kesucian Ramadhan akan berimbas baik terhadap anak kami
-. Nusyirwan : merupakan nama belakang saya. Sehingga saya ingin menurunkan nama belakang saya kepada anak-anak saya.

Jadi doa kami kepada anak kedua kami adalah agar anak kedua kami dijadikan anak yang lemah lembut, sehat serta suci sebagaimana sucinya bulan Ramadhan.

Entry filed under: Cerita seputar anak. Tags: .

Manfaat Sinar Matahari Pagi terhadap Bayi Alhamdulillah, akhirnya bisa nge-blog lagi :)

2 Comments Add your own

  • 1. orangpelit  |  January 19, 2012 at 6:56 am

    doa bagus, tapi jangan terlalu tinggi juga. seringkali yang dinamai lutfi/latif/lutfiyah justru punya tabiat rada ‘keras’ heheh …

    saya pilih nama yg agak netral saja lah

    Reply
    • 2. depokmania  |  October 31, 2012 at 6:53 am

      Hehehehe, mudah-mudahan anak saya jadi anak yang lemah lembut deh🙂

      Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 377,304 hits

Categories


