Naik lagi? Gak ramah bagi nasabah dong.

August 4, 2011 at 2:49 am 2 comments

Suatu siang diakhir bulan Juli, saya pergi kesalah satu kantor cabang bank Swasta dibilangan Sudirman, untuk menyetorkan uang pembayaran kredit mobil saya. Setelah mengantri sekitar 15 menit, akhirnya saya dipanggil kekasir untuk menyetorkan uang tunai.

Tak sengaja memang, saya melihat pemberitahuan bahwa mulai besok biaya adminstrasi tabungan naik menjadi Rp 12.500,-. Padahal sebelumnya biaya administrasinya Rp 9.000 per bulan. Wah, kok pihak Bank semena-mena gini ya, menaikkan biaya administrasi tabungan per bulan. Ingin rasanya saya tutup tabungan saya saat itu, tetapi tidak bisa, karena saya harus membayar kredit mobil saya via rekening saya tersebut tiap bulan. Ya sudahlah, mau apa lagi, terpaksa saya terima kenyataan ini meskipun hati tidak rela.

Nah, hal inilah yang seringkali kurang diperhatikan oleh para nasabah, terutama bagi nasabah yang saldonya cukup besar. Seringkali mereka tidak perduli dengan tambahan potongan biaya administrasi yang dikenakan oleh pihak Bank. Tetapi akan berbeda ceritanya bagi orang yang memiliki uang (rekening) pas-pasan. Hal ini akan menjadi beban. Karena lama kelamaan, saldo makin terkikis.

Belum lagi ada kebijakan dari beberapa bank besar untuk memberlakukan minimal saldo rekening. Misalnya untuk bank X, minimal saldo yang harus mengendap adalah 100 ribu rupiah. Kemudian untuk bank Y dan produk tabungan tertentu, memiliki kebijakan bila saldo kurang dari 10 juta, akan ada tambahan biaya administrasi 25 ribu. Walah, ternyata banyak sekali kebijakan-kebijakan bank yang kurang bersahabat dengan nasabah.

Sebagai nasabah, tampaknya sampai saat ini kita tidak bisa membuat banyak pilihan. Karena kebijakan bank-bank tersebut akan serupa. Kecuali kita bisa tidak terlibat sama sekali dengan bank. Karena itu, sebaiknya kita teliti sebelum membuka rekening dibank tertentu, agar kita tidak menyesal nantinya.

Entry filed under: Pelayanan Masyarakat. Tags: .

Work-life balance New Experience with iPhone

2 Comments Add your own

  • 1. orangpelit  |  January 19, 2012 at 6:57 am

    bni ada program tabungan pendidikan untuk pelajar yang bebas biaya administrasišŸ˜›

    Reply
    • 2. depokmania  |  October 31, 2012 at 6:53 am

      Thx atas infonya

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 377,304 hits

Categories


%d bloggers like this: