Cerita tentang keikhlasan Shalat Shubuh di Masjid

June 9, 2011 at 11:55 am Leave a comment

Beberapa minggu lalu, saat pengajian RT kami, ada salah seorang tetangga kami yang juga merupakan ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Masjid di kompleks kami mengingatkan tentang pentingnya shalat berjamaah di Masjid (bagi laki-laki). Nah, target dalam tahun ini, setidaknya 30% dari warga RT kami (yang laki-laki) akan rutin shalat berjamaah di Masjid.

Ternyata hal tersebut diresponse secara positif di group chatting BBM di RT kami. Sehingga mulai banyak ajakan dari tetangga untuk shalat berjamaah dimasjid, terutama shalat Shubuh.

Tetapi ada salah satu tetangga kami yang menanyakan bagaimana untuk bisa ikhlas bershalat shubuh di Masjid, jadi bukan karena riya atau ingin dianggap sebagai orang yang taat.

Saya sendiri belum berani berkomentar bagaimana kita bisa menjaga ketulusan dan keikhlasan untuk shalat shubuh berjamaah dimasjid, tetapi saya bisa menganalogikan belajar membiasakan diri shalat dimasjid sama dengan belajar naik sepeda.

Saya teringat pertama kali belajar naik sepeda, saya takut jatuh. Tetapi saya coba untuk memberanikan diri belajar dilapangan dekat rumah saya waktu itu. Memang saya mengalami jatuh dan sempat lecet-lecet sedikit. Tetapi akhirnya saya bisa naik sepeda dengan lancar tak lama kemudian.

Hal ini juga bisa dianalogikan dengan kita belajar untuk shalat shubuh berjamaah dimasjid. Mungkin awalnya akan sangat sulit untuk membiasakan diri, bagi saya juga sama, sampai saat ini masih sulit sekali untuk membiasakan diri shalat shubuh dimasjid. Tetapi kita harus menguatkan tekad dan mengikhlaskan diri untuk shalat shubuh dimasjid.

Karena bagi laki-laki, yang paling utama adalah shalat berjamaah dimasjid.

Semoga kita selalu mendapat hidayah dari Allah SWT untuk selalu melaksanakan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya.

Entry filed under: Cerita Pembangun Moral. Tags: .

Repotnya Menutup Kartu Kredit Pembayaran Extra untuk memperpendek jangka waktu cicilan KPR, kenapa tidak?

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 377,304 hits

Categories


