Tuluskah kita?

May 30, 2011 at 3:20 pm Leave a comment

Tulus, apakah arti sebenarnya dari kata itu? Bila kita merujuk ke kamus bahasa Indonesia, arti kata tulus adalah “sungguh dan bersih hati (benar-benar keluar dr hati yg suci); jujur; tidak pura-pura; tidak serong; tulus hati; tulus ikhlas”. Hmm, ternyata tulus adalah suatu sifat yang amat mulia.

Oya, apakah kita sudah tulus dalam melaksanakan sesuatu? Baik itu dalam beribadah, bekerja maupun menolong orang lain. Saya yakin amat jarang dari kita yang benar-benar bisa tulus dalam berbuat dan melakukan sesuatu.

Ketika menulis blog ini, saya terinspirasi dengan percakapan dan perbincangan saya dengan salah satu rekan kerja saya yang cukup senior. Saat itu ketika beliau dimintakan tolong oleh salah satu rekan saya yang lain, tetapi berbeda bagian. Tetapi beliau menolak dengan alasan itu bukan bagian dari pekerjaannya. Dan beliau melempar ke orang lain, agar mengerjakan hal itu.

Awalnya saya setuju dengan beliau, tetapi setelah saya mendengar bahwa beliau sering membantu rekan yang lain, meskipun itu bukan bagian dari tugasnya secara langsung, tetapi beliau mendapatkan keuntungan langsung (misalnya bisa ikutan jalan-jalan gratis, atau lainnya), maka saya langsung berubah pandangan. Ternyata apa yang dia lakukan tidak tulus.

Terus terang sampai saat ini (sudah beberapa minggu berlalu), saya masih belum bisa menerima hal tersebut. Pembedaan perlakuan, padahal kita bekerja dalam perusahaan yang sama, karena adanya keuntungan langsung yang didapat.

Sayapun segera berusaha untuk introspeksi diri, apakah saya juga melakukan hal yang sama? Tampaknya iya, tanpa saya sadari, banyak hal yang saya lakukan tanpa disertai ketulusan untuk melakukannya.

Ya Allah, berikanlah kepadaku kekuatan dan ketulusan hati untuk selalu berada dijalan yang Engkau ridhai. Amin.

Entry filed under: Cerita Pembangun Moral. Tags: , , , .

Kelebihan dan Kekurangan Tetanggaku, Saudaraku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 377,304 hits

Categories


%d bloggers like this: