Tangisan disepanjang Antasari – Blok M

January 27, 2011 at 12:58 pm Leave a comment

Sejak akhir tahun lalu, ada yang berbeda diseputaran Jl. Antasari menuju Blok M. Setidaknya seperti itulah yang saya rasakan. Sekarang bila melewati daerah tersebut (Antasari atau Prapanca) sudah lebih panas dan kurang nyaman, karena banyak pohon-pohon besar yang ditebang, demi kelancaran proyek “Jalan Layang non-tol Antasari-Blok M”.

Menurut saya, apa yang dilakukan pemerintah tersebut kurang bijak. Ditengah-tengah gencarnya isu pemanasan global dan kampanye untuk menanam pohon, demi menyerap emisi kendaraan bermotor dan pabrik, kenyataannya disana terjadi penebangan pohon secara masif untuk pembangunan jalan layang. Apakah tidak ada cara lain yang lebih bijaksana dan ramah lingkungan untuk mengurangi kemacetan? Pembangungan jalan layang non-tol ruas Antasari – Blok M akan makin memacu keinginan orang-orang untuk membawa kendaraan sendiri, ketika melintas jalan tersebut.

Saya rasa kebijakan tersebut kontra-produktif dengan harapan kebanyakan kalangan, agar orang-orang mengurangi penggunaan kendaraan pribadi ke angkutan umum. Alangkah baiknya bila dana yang akan digunakan untuk membangun jalan layang tersebut dialihkan untuk percepatan pembangunan subway atau MRT, sehingga Jakarta bisa menjadi kota yang lebih ramah terhadap lingkungan dan orang-orang didalamnya.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa penyebab utama banyaknya orang menggunakan kendaraan pribadi adalah karena angkutan umum yang tidak layak. Jadi, alangkah baiknya bila perbaikan sarana transportasi umum dijadikan prioritas utama pembangunan oleh pemerintah dan departemen terkait.

Bila saja pohon-pohon disepanjang Antasari – Blok M bisa menangis dan berteriak, niscaya mereka akan menangis dan memohon agar tidak ditebang. Karena merekalah benteng terakhir kita untuk menghambat efek pemanasan global. Apakah aspek ekonomi sudah membutakan mata dan fikiran para pemimpin kita, sehingga seringkali membuat kebijakan yang tidak berfihak kepada umat manusia & bumi kita tercinta ini?

Entry filed under: Tentang Kehidupan. Tags: .

Tips-tips membuat passport secara cepat Apakah Pengguna Kendaraan Berbahan Bakar Solar Masih Layak Untuk Disubsidi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 377,304 hits

Categories


%d bloggers like this: