Arti sebuah kepercayaan customer terhadap kelangsungan bisnis

January 25, 2011 at 8:22 am 2 comments

Komitmen dan kepercayaan pelanggan adalah hal yang terpenting untuk membangun sebuah bisnis dan usaha. Karena dengan terpenuhinya komitmen kita terhadap pelanggan, akan menyebabkan timbulnya kepercayaan pelanggan kepada kita.

Baru-baru ini saya mendapatkan pengalaman yang kurang menyenangkan dengan salah satu toko furniture di depok. Saya memesan sebuah bufet untuk TV dengan panjan 1.6M, dengan harga yang cukup menjanjikan. Kemudian disepekati bahwa barang akan diantarkan kerumah saya dalam 1 minggu dan saya membayar DP 1/6 dari harga yang disepakati (kebetulan saya saat itu tidak membawa uang banyak). Saya senang sekali karena mendapatkan buffet jati dengan harga yang cukup menarik dan pengerjaan yang tidak lama. Biasanya saya menunggu sampai 2 atau 3 minggu, untuk pesananan furniture jati saya.

Baru satu hari berselang, tiba-tiba pihak toko menelpon dan menginformasikan bahwa buffet saya baru akan selesai dalam 2 minggu kedepan. Karena pesanan saya tidak standar, yang biasanya buffet TV dengan model tersebut (kacang) panjangnya 2M. Saya pikir tidak apa-apa sedikit menunggu lebih lama, dan akhirnya saya menyetujui untuk pengiriman 2 minggu sejak hari itu.

Setelah waktu yang disepakati awal (akhir desember) terlewati, saya mencoba menghubungi pihak toko dan mendapatkan informasi bahwa barang terlambat datang dari Jepara, karena menjelang akhir tahun. Pemilik toko menjanjikan minggu pertama Januari ini, barang akan diantar kerumah saya. Meskipun agak jengkel, akhirnya saya menerima permintaan beliau. Yah, hitung-hitung melatih kesabaran deh😦.

Hingga waktu yang dijanjikan, belum ada kabar dari sang pemilik toko. Akhirnya saya coba tanyakan lagi, kapan buffet bisa diantar. Sekali lagi sang pemilik toko meminta kebijaksanaan saya untuk menerima kenyataan bahwa buffet saya baru bisa dikirimkan pertengahan Januari. Karena barang telat datang dari Jepara. Wuihhhhh…… Jengkel sekali rasanya. Saya merasa dipermainkan neh. Kl istri saya berpendapat bahwa saya kurang kasih DP ke dia. Bisa jadi sih, karena saya cuma kasih DP kurang dari 20% dari harga kesepakatan. Tapi nggak gini dong caranya. Kl minta DP lebih, silahkan bilang, pasti saya tambahkan.

Saat sudah dipertengahan Januari, ternyata kesabaran saya masih diuji. Yah, buffet ternyata belum selesai. Begitu banyak alasan yang diungkapkan, jadi tambah sebal. Sang pemilik toko meminta agar diberi waktu sampai tanggal 19 Januari ini. Akhirnya saya tidak sabar lagi dan saya beri ancaman bahwa saya akan membatalkan pesanan, bila tanggal 19 Januari buffet belum dikirimkan. Dan kekesalan saya sudah sampai puncaknya, ketika sampai waktu yang disepakati, ternyata sang pemilik masih minta waktu 2 hari lagi. Beliau berjanji, bila ini gagal, uang DP saya akan dikembalikan. Yah, saya sudah sangat kesal dan pasrah jadinya. Akhirnya saya setuju, tambahan 2 hari lagi.

Alhamdulillah, akhirnya buffet saya datang juga kerumah. Dan yang cukup menghibur adalah kualitas pekerjaan dan kayu jati bahan buffet tersebut cukup baik. Jadi saya rasa tidak rugi saya menunggu cukup lama.

Saya coba untuk berfikir positif, setidaknya ada 2 hal yang saya ambil hikmahnya dari pengalaman ini:

1. Bila memesan suatu barang/furniture, usahakan memberi DP yang cukup besar, misalnya 50% atau lebih dari harga yang disepakati. Sehingga penjual/pembuat akan lebih merasa bertanggungjawab dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan pesanan kita.
2. Kesabaran pasti berbuah manis. Setidaknya saya mendapatkan buffet dengan kualitas baik dan harga murah, sebagai buah dari kesabaran saya. Coba kalo saya nggak sabar dan membatalkan pesanan, belum tentu saya sekarang memiliki buffet TV yang baik dan dengan harga yang cukup murah seperti yang saya miliki sekarang🙂.

Entry filed under: Tentang Kehidupan. Tags: .

Mengatur Hutang Tips-tips membuat passport secara cepat

2 Comments Add your own

  • 1. sesamadepok  |  August 21, 2011 at 1:00 am

    sorry mas numpang tanya: di depok dimana pesen nya mebel, kebetulan sesama depok ker nih🙂

    tks yaaa…

    Reply
    • 2. depokmania  |  August 26, 2011 at 11:02 pm

      Mas Munir,

      Kalo saya rekomendasi untuk beli di Susan Gallery (ada di ITC Depok lantai dasar). Selain itu saya juga beberapa kali pesan furniture di toko furniture dekat pertigaan Juanda (Margonda), sebelum pom bensin pertamina. Selain itu saya juga pernah 2 kali beli furniture di toko jati dekat pertigaan parung bingung (dari arah Depok).

      Semua toko tersebut toko Jati jepara. Kualitas furniturenya baik sekali, tetapi harganya juga agak tinggi dibandingkan toko-toko biasa di depok lama.

      Happy shopping🙂

      Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 377,304 hits

Categories


