Mengatur Hutang

January 20, 2011 at 9:39 am Leave a comment

Berhutang, baik hutan kartu kredit maupun hutang kredit rumah/mobil, sudah menjadi sesuatu yang lazim kita temui saat ini. Menurut saya, kebiasaan berhutang muncul dari sifat manusia yang kurang sabar. Misalnya, belum saatnya memiliki mobil, tetapi sudah memaksakan beli mobil secara kredit. Atau sudah memiliki rumah, tetapi tidak sabar untuk merenovasinya, jadi berhutang untuk biaya renovasi. Nah, hal-hal seperti itulah yang menyebabkan sebagian besar manusia memiliki hutang untuk kebutuhan konsumtif.

Karena kita sangat sulit untuk tidak berhutang, maka sebaiknya kita mengatur dengan baik hutang-hutang yang terpaksa kita ambil. Menuru saya, ada beberapa hal yang penting diperhatikan dalam berhutang, sbb:

1. Usahakan bila berhutang untuk kebutuhan yang konsumtif, janganlah dalam periode yang terlalu lama. Misalnya anda terpaksa mengambil KTA (kredit tanpa agunan), usahakan memilih jangka waktu yang paling pendek (tentu saja disesuaikan dengan kemampuan mencicil anda setiap bulannya). Karena semakin lama jangka waktu hutang, akan semakin besar beban bunga yang dibebankan kekita.
2. Kredit yang terbaik adalah kredit untuk usaha produktif yang prospektif. Jadi, bila kita mengambil kredit untuk usaha produktif, kita harus menghitung secara benar dan tepat, resiko & keuntungannya. Sehingga jangan sampai membebani keuangan keluarga kita.
3. Jadilah orang yang lebih bersabar. Bila kita menjadi orang yang sabar, maka hutang akan menjauh dari kita🙂.
4. Menurut saya, membeli rumah secara KPR itu jauh lebih baik dibandingkan membeli kendaraan mobil secara kredit. Karena bila harga beli rumah & tanah cenderung naik dari tahun ke tahun, begitu juga harga jualnya. Sedangkan harga mobil yang kita beli, akan turun nilainya bila kita jual beberapa waktu kemudian.

Jadi menurut saya berhutang itu boleh, tetapi tidak dianjurkan.

Entry filed under: Manajemen Keuangan. Tags: .

Tips-tips perpanjangan STNK secara cepat Arti sebuah kepercayaan customer terhadap kelangsungan bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 377,304 hits

Categories


%d bloggers like this: