Tips-tips perpanjangan STNK secara cepat

January 19, 2011 at 6:48 am 2 comments

Bayar pajak & perpanjangan STNK merupakan hal rutin yang dilakukan oleh pemilik kendaraan bermotor (baik motor ataupun mobil) setiap tahunnya. Mau nggak mau, kita harus mengurus pembayaran pajak kendaraan kita tersebut setiap tahun. Bahkan setelah 5 tahun, kita diharuskan memperpanjang STNK dan mengganti plat nomor kendaraan kita. Tempat pengurusan/pembayaran pajak & perpanjangan STNK adalah kantor Samsat dikota/kabupaten tempat domisili kita.

Karena kebetulan saya didepok, maka saya pergi ke samsat kota Depok, di Jl. Kemakmuran, depok 2 tengah. Ketika sampai dikantor samsat Depok, waktu sudah menunjukkan pukul 8 pagi, karena saya harus mengantar istri saya kerja terlebih dahulu. Begitu sampai, saya langsung bertanya kebagian informasi dan diminta mengisi formulir/form untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor. Ternyata disana sudah cukup ramai orang yang mengantri. Saya segera memasukkan berkas untuk pembayaran pajak motor saya, dan tampaknya sudah banyak orang yang memasukkan berkas sebelum saya. Oya, perlu diingat bahwa biasanya loket pemasukan berkas untuk motor dan mobil berbeda. Jadi jangan salah loket ya. Setelah memasukkan berkas, saya menunggu beberapa saat (kira-kira setengah jam) didekat loket pemasukan berkas, dikhawatirkan ada berkas yang kurang lengkap. Karena bila ada yang kurang lengkap, petugas akan memanggil nama kita dan diminta melengkapi berkas tersebut.

Setelah kira-kira menunggu 1 jam 30 menit, akhirnya saya dipanggil untuk membayar diloket pembayaran/kasir. Setelah bayar dan menerima bukti pembayaran pajak, saya menunggu sekitar 10 menit untuk mengambil KTP dan STNK. Setelah mengambil KTP dan STNK, saya menemukan bahwa nama saya yang tercantum dalam bukti pelunasan pajak kendaraan salah. Setelah menanyakan ke petugas/satpam, saya diminta kebagian pusat data dan mengubahnya (data dikomputer). Setelah itu, saya pergi ke loket administrasi untuk membenarkan/merevisi nama saya yang tercantum dibukti pelunasan pajak kendaraan. Akhirnya kira-kira pukul 10.15, saya meninggalkan Samsat, setelah semuanya selesai.

Berikut sedikit tips dari saya supaya kita lancar dalam membayar pajak:

1. Persiapkan dengan baik dokumen-dokumen yang akan kita masukkan untuk mengajukan pajak kendaraan bermotor, yaitu sbb:
-. KTP asli
-. Fotokopi BPKB
-. STNK asli
-. Bukti pelunasan pajak yang lama
Semua dokumen diatas dimasukkan kedalam map & didepan map tersebut dituliskan nama kita & plat no. kendaraan kita

2. Datanglah pagi-pagi, sebelum loket buka. Loket buka pukul 8. Jadi sebaiknya kita datang paling tidak pukul 7 atau 7.30, agar mendapatkan giliran yang lebih awal.

3. Sebaiknya tidak usah menggunakan calo, karena hanya akan menambah beban biaya kita. Lakukan sesuai dengan prosedur, karena bila menggunakan calo kita juga masih harus menunggu kira-kira 1 jam. Sedangkan kalo tidak pake calo, prosesnya memakan waktu kira-kira 2 jam.

Semoga pelayanan Samsat makin hari makin baik.

Entry filed under: Pelayanan Masyarakat. Tags: .

Arti kemakmuran dan keberhasilan bangsa Mengatur Hutang

2 Comments Add your own

  • 1. orangpelit  |  January 19, 2012 at 7:03 am

    kan udah ada outlet samsat di detos … buka dari pagi sampai malam … khusus perpanjangan 1 tahunan saja, bukan perpanjangan 5 taun yang perlu cek fisik.

    malah lebih cepat kalo datang sekitar sabtu jam 10, karena samsat depok hanya buka setengah hari alias pendaftaran ditutup sekitar 10.30 atau 11.00.

    Reply
    • 2. depokmania  |  October 31, 2012 at 6:52 am

      Setuju, saya juga sekarang bayar pajak kendaraan di samsat outlet detos.

      Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 377,304 hits

Categories


