Arti kemakmuran dan keberhasilan bangsa

January 18, 2011 at 2:33 am Leave a comment

Pagi ini saya membaca berita disalah satu media online, dimana cuplikannya dibawah ini:

Total utang pemerintah Indonesia hingga akhir 2010 tercatat mencapai Rp 1.676,15 triliun. Dengan demikian, total utang pemerintah di tahun 2010 mengalami peningkatan hingga Rp 85,49 triliun dibanding 2009 yang berjumlah Rp 1.590,66 triliun. Namun secara persentase terhadap PDB turun dari 28% do 2009 menjadi 26% di 2010.

Saya langsung berfikir, apakah fakta diatas benar adanya? Apakah hal itu sudah sesuai dengan kenyataan yang dihadapi bangsa ini dan rakyatnya? Mungkin dari hitung-hitungan statistika dan matematis hal itu sudah sesuai, tetapi apakah kehidupan ini selalu bisa diterjemahkan dalam statistika dan perhitungan matematis? Saya rasa tidak.

Bagi saya, kemakmuran suatu bangsa/negara bukan ditentukan oleh besarnya PDB negara tersebut, tetapi oleh pemerataan hasil-hasil pembangunan dan fasilitas/kemudahan untuk seluruh rakyat. Bayangkan, misalnya (saya cuma menerka saja), setengah (50%) dari PDB negara kita hanya disumbang oleh 1% rakyat kita yang masuk dalam golongan konglomerat. Padahal penghasilan dan aset yang mereka miliki, serta uang mereka, sebagian besar terdapat dan berputar diluar negeri. Jadi apakah pemerintah berhak meng-klaim bahwa negeri kita sudah lebih baik dari masa sebelum ini?

Saya rasa masih banyak pembenahan dan tugas yang harus dilaksanakan oleh pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyatnya, terutama dari sisi pemerataan kemakmuran. Sehingga tidak ada lagi kita temukan anak-anak atau manula yang meminta-minta dijalan atau pengemis dijembatan penyeberangan. Kapan hal itu bisa terjadi ya???

Entry filed under: Miscaleous. Tags: .

Pesona kota Bangkok (hari ke lima) – terakhir Tips-tips perpanjangan STNK secara cepat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 377,304 hits

Categories


%d bloggers like this: