Tuli atau pura-pura tidak mendengar???

October 15, 2010 at 6:16 am Leave a comment

Pagi yang cerah, seperti biasa saya berangkat ke kantor menggunakan KRL. Sebenarnya suasana KRL tidak begitu ramai, hanya ada beberapa orang saya digerbong tersebut yang tidak mendapatkan tempat duduk.

Saya mengambil posisi favorit saya, dipojok dekat tiang, agar sesekali bisa bersandar ditiang untuk berpegangan.

Didekat saya, ada sepasang pria dan wanita (saya rasa mereka suami istri), dan duduk dikursi lipat yang mereka bawa dari rumah. Nah, mereka duduk didepan pintu keluar gerbong. Mungkin mereka tidak khawatir duduk disitu, karena sudah terbiasa.

Setelah kereta berjalan, tiba-tiba ada suara dari speaker yang biasanya berasal dari masinis, yang mengingatkan agar penumpang tidak duduk dilantai atau menggunakan kursi lipat. Karena dikhawatirkan mengganggu kenyamanan orang lain.

Sejenak setelah pengumuman tersebut selesai, saya melirik orang-orang yang duduk menggunakan kursi lipat digerbong tersebut. Tak satupun dari mereka yang beranjak dari kursi lipat mereka & berdiri.

Wah, saya langsung berfikir, mereka tuli atau pura-pura tidak mendengar ya? Saya rasa kemungkinan ke-2 yang lebih tepat. Mungkin karena mereka menganggap kereta tidak penuh, jadi mereka merasa tidak perlu mengindahkan himbauan dari masinis.

Mmmhhh, begitukah cerminan masyarakat kita? Apakah kecenderungan untuk melanggar peraturan/ketentuan sudah mendarah daging pada sebagian besar masyarakat kita?

Lihatlah kemacetan lalu lintas, yang sebagian besar disebabkan pengguna jalan tidak mengindahkan peraturan lalulintas, misalnya menerobos lampu lalulintas atau berhenti sembarangan. Atau para pengguna KRL yang dengan gagah berani naik ke atap untuk mendapatkan angin segar diluar gerbong, karena tidak mau berdesak-desakan didalam gerbong? Padahal risiko kesetrum kabel listrik tegangan tinggi diatasnya cukup besar.

Entry filed under: Pelayanan Masyarakat. Tags: .

tren BB, kebutuhan atau latah? Ganti Kecamatan, ganti KTP dan KK

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 377,304 hits

Categories


