Asisten Rumah Tangga

September 28, 2010 at 7:11 am Leave a comment

Beberapa hari setelah Idul Fitri, saat melintasi Jl. Kartini (depok), saya mendapati ada sebuah gedung yang ramai sekali pengunjungnya. Setelah saya cek, ternyata gedung itu menyediakan jasa penyaluran asisten rumah tangga, atau lebih kita kenal dengan pembantu rumah tangga. Wah, agak sebel juga jadinya, karena jalanan menjadi cukup macet.

Itulah salah satu realita & dinamika warga jabodetabek setelah Idul Fitri. Dimana para pembantu rumah tangga mudik kekampung halaman mereka, sebelum Idul Fitri. Sebagian diantara mereka tidak kembali lagi setelah mudik. Hal ini tentu saja menjadi persoalan serius bagi keluarga yang sudah terbiasa mendapat bantuan pembantu rumah tangga, apalagi apabila suami & istri sama-sama bekerja.

Untuk mendapatkan jasa pembantu rumah tangga, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sbb:

1. Mencari langsung ke daerah asal mereka. Misalnya dijawa tengah, banten atau jawa barat.
2. Mencari via agen pembantu rumah tangga.
3. Member get member, maksudnya bila ada pembantu rumah tangga tetangga atau saudara yang pulang kampung/mudik saat idul fitri, maka kita mintakan bantuannya untuk membawakan temannya yang bersedia bekerja dirumah kita.

Menurut saya, kita harus memperlakukan pembantu rumah tangga dengan bijak. Karena mereka juga manusia. Sehingga diharapkan mereka dapat merasa aman dan nyaman bekerja dirumah kita. Tetapi kita juga harus waspada, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita harapkan. Karena seringkali kita tidak mengetahui secara pasti background dari pembantu yang bekerja dirumah kita.

Dibawah ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan agar kita bisa tenang & nyaman meninggalkan rumah (dan anak kita), selama ada pembantu rumah tangga dirumah kita,

1. Binalah hubungan yang baik dengan para tetangga, sehingga para tetangga dapat mengawasi tingkah laku pembantu rumah tangga kita.
2. Simpanlah barang-barang yang berharga, misalnya perhiasan, surat-surat berharga dan uang didalam lemari yang terkunci. Sehingga tidak menyolok.
3. Bila diperlukan, bila kita sedang tidak ada dirumah, kuncilah kamar utama dimana kita menyimpan barang-barang berharga.
4. Bila memiliki dana dan keahlian, tidak ada salahnya memasang kamera CCTV untuk merekam tingkah laku dari pembantu kita.

Selain tindakan-tindakan langsung diatas, kita juga sebaiknya melakukan memperlakukan pembantu rumah tangga kita dengan baik. Sehingga diharapkan dia juga merasa bertanggungjawab terhadap kewajibannya & berusaha untuk dapat dipercaya. Lakukanlah hal-hal dibawah ini, agar pembantu rumah tangga kita dapat nyaman dan betah dirumah kita,

1. Bayarlah gaji mereka tepat waktu
2. Berilah mereka makanan, sama dengan makanan kita
3. Sopanlah terhadap mereka, janganlah kita merendahkan mereka
4. Bila sudah saatnya menjelang hari raya, bayarlah THR mereka sesuai dengan ketentuan yang berlaku
5. Berilah waktu libur bagi mereka, misalnya 1 hari dalam 1 minggu, agar mereka dapat refreshing

Sekian dan semoga pembantu rumah tangga kita dapat betah.

Entry filed under: Tentang Kehidupan. Tags: .

Evolusi perdagangan Kawat nyamuk sebagai pelindung rumah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 377,304 hits

Categories


%d bloggers like this: