Pemimpin Teladan

September 21, 2010 at 5:26 am Leave a comment

Teringat kisah mengenai sahabat Rasulullah SAW, Ummar bin Khatab, ketika ia menjadi khalifa kedua (setelah Abu Bakar as Siddik). Dimana pada suatu malam Ummar mendengar tangisan seorang anak kecil, kemudian diiringi dengan suara adukan antara batu dengan kayu. Sampai akhirnya Ummar mendekat dan bertanya kepada wanita yang sedang memangku anaknya yang masih kecil, yang sedang tertidur.

Sang ibu bercerita bahwa mereka (ia dan anaknya) sudah lama tidak makan, dan karena kelaparan anaknya menangis terus. Sengaja sang ibu merebus air dan memasukkan batu kedalamnya, dan berkata bahwa saat ini ia sedang memasak bubur dan belum matang. Mungkin karena lelah menangis, sang anak akhirnya tertidur.

Melihat keadaan itu Ummar segera pulang kerumahnya dan mengambil sekarung gandum, untuk dipikulnya sendiri dan diberikan kepada sang Ibu.

Begitulah citra pemimpin yang sebenarnya, yang menyayangi, peduli dan melayani rakyatnya. Apakah pemimpin seperti ini masih bisa kita temukan saat ini?

Karena masing-masing kita merupakan pemimpin, setidaknya untuk diri kita sendiri atau keluarga kita, maka sebaiknya kita mengikuti teladan yang dicontohkan oleh Ummar pada kisah diatas. Pemimpin bukan minta dilayani, tetapi ia yang melayani orang yang dipimpinnya. Pemimpin yang baik tidak akan bisa tidur nyenyak bila masih ada rakyatnya yang kesusahan.

Mudah-mudahan para pemimpin negeri kita tercinta ini bisa berubah dan mencurahkan segala daya upaya & perhatiannya untuk mensejahterakan rakyatnya.

Entry filed under: Cerita Pembangun Moral. Tags: .

Apakah menyelamatkan mayoritas selalu pilihan yang terbaik? Big Boss always correct ???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 377,304 hits

Categories


%d bloggers like this: