Bali, apakah seindah yang dibayangkan?

August 18, 2010 at 6:11 am 1 comment

Surprise, tahun ini acara employee gathering ke Bali!! Wah, ini yang saya rasakan awal bulan lalu, begitu mendengar kabar bahwa tahun ini perusahaan kami mengadakan acara employee gathering ke Bali. Biasanya cuma disekitar Jabodetabek saja, kok ini sampai ke Bali ya?

Acara kami di Bali lebih banyak ke jalan-jalan/wisata, serta acara intinya adalah “rafting” disungai Ayung (yang kabarnya merupakan perbatasan antara kabupaten Badung & Gianyar). Tampaknya tidak akan banyak manfaatnya bila saya menceritakan liburan bersama teman-teman kantor kemarin, mungkin yang lebih baik adalah informasi mengenai tempat-tempat wisata menarik di Bali.

1. Ayung River (rafting),
Ini merupakan tempat rafting yang paling menarik, setidaknya bagi saya. Sebelum ini saya sudah mencoba rafting di Sukabumi & Magelang. Dibandingkan kedua tempat diatas, Ayung river lebih jauh & lebih bervariasi. Bila berminat untuk rafting di Ayung River, saya punya beberapa hal yang perlu diperhatikan sbb:
a. Siapkan fisik anda, karena rute untuk menuju sungai (dari base camp) cukup jauh, dengan menuruni tangga yang jumlahnya sangat banyak (saya rasa mungkin ada 1000 buah). Belum mulai rafting, kaki sudah pegel2 neh. Hehehehe, anggap aja pemanasan. Selain itu, rute rafting juga cukup panjang, katanya sekitar 14 KM, dengan waktu tempuh sekitar 2.5 jam.
b. Berhati-hati dalam rafting dan ikuti instruksi pemandu. Karena pemandu pada masing-masing perahu merupakan orang yang ahli & mengerti medan.
c. Gunakanlah sandal gunung atau sepatu dengan alas yang kesat. Karena jalan untuk turun ke sungai (menuju titik pemberangkatan) dan jalan ke pos penjemputan akhir (titik selesai/finish) licin & agak curam (menggunakan tangga buatan).

Yang paling berkesan dari acara rafting ini, menurut saya, adalah suasana saat kami menuruni tebing dari basecamp ke titik keberangkatan. Dimana suasa begitu alami, banyak pepohonan dan sejuk (padahal saat waktu sudah menunjukkan pukul 10 pagi) dan dari kejauhan terdengar gemericik air sungai. Wah, sangat alami.

2. Kawasan Pecatu,
Kami menginap disalah satu hotel dikawasan ini (pecatu resort), nama hotelnya New Kuta Condotel. Menurut kabar yang kami dengar, wilayah ini diproyeksikan untuk menjadi Kuta ke-2 (new kuta). Mengingat kawasan kuta sekarang sudah terlalu padat & menurut saya sudah kurang nyaman. Kawasan ini sendiri masih dalam pembangunan dan terlihat ada beberapa pekerjaan pembangunan properti disini (hotel maupun villa).

3. Dreamland,
Merupakan sebuah pantai dengan lokasi yang tidak jauh dari hotel kami. Jadi termasuk dalam kawasan pecatu. Di Pantai dreamland terdapat pub/club dengan nama kelapa.

4. Uluwatu,
Salah satu Pura yang ada di bagian selatan barat Bali. Pura yang sungguh indah ditepi laut, dengan tebing yang curam disekitarnya. Tambahan hiburan, yaitu monyet-monyet liar yang hidup disekitar sana. Hati-hati dengan barang-barang anda, karena bila tidak dapat makanan, para monyet mungkin saja mengambil barang anda yang lain (misalnya handphone maupun kamera).

5. GWK (Garuda Wisnu Kencana)
Objek wisata ini merupakan maskot dari pulau bali nantinya. Sayangnya pembangunannya terkesan lambat & sampai sekarang masih jauh dari selesai. Nantinya dikawasan GWK ini akan ada Patung dewa Wisnu & Garuda yang membumbung tinggi. GWK juga berbatasan langsung dengan laut oleh tebing yang curam, mirip dengan uluwatu.

Setiap hari, mulai pukul 18.30 WITA (kalo gak salah) dimulai pertunjukan tari kecak & biasanya ada atraksi tambahan. Saat kami berkunjung, ada atraksi tambahan debus (atrakasi api).

6. Krisna (toko oleh-oleh dan souvenir)
Toko ini letaknya tidak terlalu jauh dari Bandara Ngu Rah Rai & harga yang ditawarkan juga cukup murah. Tidak perlu ditawar.

7. Pasar Sukowati
Pasar ini terletak dikabupaten Gianyar & merupakan pasar tradisional yang menyediakan oleh-oleh & barang-barang khas Bali. Seperti pasar tradisional lainnya, diperlukan kemampuan untuk menawar yang baik disini, agar kita bisa mendapatkan harga yang murah untuk barang-barang tersebut.

Dibawah ini adalah beberapa contoh oleh-oleh khas Bali,
1. Salak Bali, ada 2 macam salak bali yaitu yang agak asam dan manis (gula pasir). Salak yang agak asam (dikenal dengan salak Bali), bentuknya bulat agak lonjong dan besar-besar. Sedangkan salak gula pasir, bentuknya kecil-kecil. Menurut saya, salak gula pasir lebih manis dibandingkan salak pondoh.
Tentu saja harga salak gula pasir jauh diatas salak Bali.
2. Bermacam-macam kacang, ada kacang koro, kacang disko beraneka rasa dan lain-lain.
3. Batik Bali,
4. dll

Hmmm, menurut saya Bali memang Indah. Tetapi masih banyak tempat lain dinegara kita yang tidak kalah indah dibandingkan Bali🙂.

Entry filed under: Travelling & Perjalanan. Tags: .

Tajil berbuka puasa Cat outdoor (wheather proof) untuk bagian luar rumah kita

1 Comment Add your own

  • 1. Tri Drian  |  August 24, 2010 at 4:45 am

    Yang paling berkesan adalah salak bali. Apalagi sambil menanti waktu keberangkatan pesawat yang delay terus…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 377,304 hits

Categories


%d bloggers like this: