Tambahan tambulampot lagi untuk rumah kami

August 9, 2010 at 5:27 am Leave a comment

Setelah sukses membuat tambulampot dengan bibit jambu air citra, akhirnya saya memutuskan untuk menambah 1 tambulampot lagi dengan jenis sawo manila. Untuk persiapan penambahan 1 tambulampot ini, tidak banyak yang saya lakukan, karena untuk potnya (drum) sudah saya beli sewaktu pembuatan tambulampot yang pertama. Jadi, kami hanya perlu menyiapkan bibit tanaman serta media tanam (tanah & pupuk).

Ketika ada waktu senggang (di hari minggu), akhirnya saya bersama istri & anak kembali ke toko dimana kami membeli bibit jambu air citra. Kami langsung minta diambilkan bibit sawo manila yang sudah berbuah atau minimal sudah berkembang. Karena kami ingin memastikan bahwa pohon sawo tersebut dapat berbuah dalam waktu yang tidak terlalu lama dari saat kami menanamnya.

Setelah memilih bibit yang cocok dan tawar-menawar harga, disepakatilah harga 50 ribu rupiah untuk sebuah bibit pohon sawo manila berukuran sekitar 75 cm. Setelah itu, saya dan keluarga pergi ketoko tanaman hias untuk membeli 3 tanah yang sudah bercampur dengan pupuk kandang, seharga 15 ribu / karung.

Setelah sampai dirumah, saya langsung mencampurkan tanah merah (sisa tambulampot yang pertama) dengan 3 karung tanah yang sudah bercampur dengan pupuk kandang, yang baru saya beli didalam drumnya. Setelah semua siap, saya masukkan bibit pohon sawo manila kedalam pot tersebut, dan saya siram menggunakan air secukupnya.

Selesai sudah proses penanaman tambulampot yang kedua dan bisa dilihat hasilnya dibawah ini,

Untuk informasi biaya membuat tambulampot, saya bisa simpulkan sbb:

1. Pot (drum) seharga 70 rb / buah
2. Bibit tanaman, harganya bervariasi. Untuk yang cukup baik kualitasnya harganya mulai dari 50 rb/75 rb
3. Media tanam (campuran tanah & pupuk), seharga 10 rb – 15 rb / karung. Untuk 1 pot dari drum, biasanya dibutuhkan minimal 4 karung.

Jadi, total biaya yand dikeluarkan sekitar 160 rb untuk sebuah tambulampot. Mmmhhh, mudah-mudahan manfaat yang didapatkan juga cukup sepadan dibandingkan biaya yang dikeluarkan.

Mau mencoba juga?

Entry filed under: Tentang Rumah. Tags: .

Membuat pagar rumah yang sesuai (beserta informasi perkiraan biaya) Masihkan budaya antri ada dinegeri kita?

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 377,304 hits

Categories


