Memilih Kamera Digital atau Handycam

August 5, 2010 at 3:25 am Leave a comment

Banyak hal atau moment berarti yang kita habiskan bersama keluarga, anak, pasangan maupun teman-teman, yang pada kemudian hari ingin kita saksikan kembali, untuk menyegarkan ingatan kita. Untuk merealisasikan hal itu, diperlukan alat tambahan misalnya kamera atau handycam. Saat ini kamera digital maupun handycam sudah banyak dijual dipusat-pusat perbelanjaan barang elektronik maupun toko-toko elektronik, dengan ahrga yang bervariasi (dari yang murah sampai yang sangat mahal).

Keluarga kamipun menyadari hal tersebut, apalagi sejak kehadiran putri kami tercinta. Rasanya kami selalu ingin mengabadikan setiap tingkahnya. Berhubung kami sudah memiliki kamera digital, yang saya beli sejak tahun 2005, maka kami cenderung melirik handycam sebagai gadget incaran kami. Mulailah saya mencari-cari informasi mengenai handycam yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kami.

Pilihan pertama jatuhlah pada sebuah handycam dengan harga 3 jutaan, besutan dari S***. Kemudian saya coba untuk meneliti lebih lanjut, ternyata handycam tipe tersebut hanya cocok untuk pengambilan video dan tidak cocok untuk aplikasi foto. Karena resolusi untuk foto yang dihasilkan tidak baik, malah lebih buruk dibandingkan kamera pada ponsel standaršŸ˜€. Kemudian saya coba cari tipe yang lain dari pabrikan yang sama, yang memiliki kemampuan menghasilkan foto yang cukup baik (minimal resolusi sekitar 4 atau 5 megapixel). Ternyata ada beberapa model yang ditawarkan, hanya saja harganya cukup tinggi, diatas 5 juta. Wah, ini jauh dari jumlah yang saya alokasikan.

Setelah berfikir ulang & berdiskusi dengan istri tercinta, akhirnya kami putuskan untuk membeli kamera digital saja, tentu saja yang memiliki kemampuan untuk merekam video dengan kualitas yang cukup baik. Kandidat awal kami tujukan kesalah satu tipe kamera digital besutan pabrikan jepang S*** (sama dengan handycam) yang awalnya saya incar. Mulailah saya mencari disalah satu pusat perbelanjaan elektronik dikota Depok, dengan inisial ES (Ele******* Solu****). Ternyata tipe kamera digital yang saya inginkan cukup laris dan sayangnya warna yang saya inginkan (hijau) sudah habis stoknya. Wah, cukup kecewa jadinya.

Kemudian saya berdiskusi dengan salah satu pramuniaga ditempat itu, mengenai kamera digital dari berbagai merk/tipe. Sebagai hasil dari diskusi, saya cukup tertarik dengan salah satu tipe kamera digital besutan salah satu pabrikan dari korea, SAM****. Dan akhirnya saya putuskan untuk membeli kamera tersebut dengan beberapa pertimbangan, sbb:

-. Harga yang cukup terjangkau, sekitar Rp 2,1 juta
-. Feature yang cukup baik & kualitas gambar yang dihasilkan juga cukup baik (foto yang dihasilkan sama dengan warna natural dari objek tersebut)
-. Kualitas video yang direkam juga cukup baik
-. Ini yang paling penting, yaitu dual LCD (ada tambahan LCD didepan). Karena kamera merk lain biasanya hanya punya LCD dibagian belakang. Sedangkan kamera yang saya pilih memiliki LCD didepan dan belakang. Sehingga memudahkan dalam pengambilan foto sendirišŸ˜€. Jadi agak narsis neh.
-. Fitur tambahan dengan adanya LCD depan adalah animasi badut lucu untuk mempermudah memfoto bayi/anak kecil. Karena bayi/anak kecil tersebut akan fokus perhatiannya ke LCD depan yang ada animasi badut lucu tersebut.

Mmmh, jadi kesimpulannya, sebelum memutuskan untuk membeli kamera atau handycam, sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut:
1. Kegunaan,
Saat ini hampir semua kamera digital memiliki fungsi merekam video, selain fungsi utamanya untuk mengambil foto. Meskipun video yang dihasilkan tidak sebaik handycam. Sedangkan untuk handycam, hampir semua tipe juga support feature mengambil foto, tetapi tentu saja kualitas foto yang dihasilkan tidak akan sebaik kamera digital.
Nah, bila kita membutuhkan gadget yang dioptimalkan untuk mengambil foto, maka sebaiknya kita membeli kamera digital saja. Sedangkan bila kebutuhan kita adalah untuk mendapatkan rekaman video dengan kualitas yang sangat baik, maka sebaiknya kita membeli handycam.
2. Harga,
Secara umum, harga handycam lebih mahal dibandingkan kamera digital. Tentu saja ini bisa dimaklumi, karena kamera digital lebih banyak beredar & lebih dahulu tenar dibandingkan handycam. Untuk kamera digital sendiri sudah bisa didapat dengan harga yang cukup murah (kurang dari 1 juta), sampai dengan 5 juta rupiah. Sedangkan untuk handycam, minimal harus merogoh kocek senilai 3 juta-an. Jadi, bila dana kita terbatas, sebaiknya kita membeli kamera digital saja. Toh fungsi mengambil foto & merekam video sudah dapat dipenuhi oleh kamera digital.
3. Dimensi,
Kamera digital secara fisik lebih kecil dibandingkan handycam.

Jadi mau pilih kamera digital atau handycam? Semua terserah andašŸ™‚.

Entry filed under: Gadget. Tags: .

Negeri yang kurang ramah terhadap pejalan kaki & pejalan kaki yang kurang menyadari akan keselematan diri Membuat pagar rumah yang sesuai (beserta informasi perkiraan biaya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 377,304 hits

Categories


%d bloggers like this: