Pemberian Horden dan Vitrage pada Rumah

June 21, 2010 at 7:33 am Leave a comment

Awal saya menempati rumah saya, saya kurang memperhatikan mengenai kelengkapan rumah tangga, seperti horden dan vitrage. Saat itu, saya hanya memberikan horden untuk kamar tidur utama, agar tidak bisa dilihat langsung dari luar.

Horden dan vitrage merupakan salah satu kelengkapan rumah tangga, yang menjaga privasi pemilik rumah. Horden adalah istilah bagi kain tebal penutup jendela (yang tidak transparan), sedangkan vitrage adalah istilah bagi kain yang lebih tipis & transparan. Kita tidka bisa sembarangan dalam penentuan bentuk/design serta warna dari horden dan vitrage, karena hal ini terkait dengan keharmonisan dan kesesuaian dengan keadaan sekitar. Karena itu, biasanya dalam menentukan warna & bentuk dari horden dan vitrage, pemilik toko datang meninjau lokasi.

Hal ini yang juga saya lakukan. Karena rumah saya cukup banyak jendelanya, lebih dari 10 buah, maka saya rencananya membagi kedalam 3 tahap pembelian dan pemasangan horden dan vitrage tersebut. Kedua tahap pertama sudah selesai dilaksanakan, tinggal tahap terakhir saja yang belum direalisasikan saat ini. Hal ini saya lakukan karena ingin menentukan skala prioritas saja, karena terkait dengan budget yang tersedia.

Menurut saya, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyediaan horden dan vitrage untuk rumah adalah sbb:

1. Sesuaikan budget yang dimiliki dengan kebutuhan yang paling mendesak,
Menurut saya, untuk pemasangan horden & vitrage dirumah kita, memerlukan biaya yang cukup besar. Sehingga akan cukup berat bila kita melaksanakannya dalam satu waktu saja. Jadi fokuskan dulu untuk memberi horden & vitrage pada bagian rumah yang terlihat dari luar, misalnya ruang tamu dan kamar tidur depan. Setelah itu, ruangan lain baru menyusul, bila sudah tersedia bugetnya.

2. Pilihlah warna horden & vitrage, yang cocok dengan furniture, lantai atau dinding,
Pemilihan warna ini cukup penting untuk menjaga keserasihan ruangan. Misalnya bila kita membeli kursi tamu warna coklat, maka sebaiknya dipilih horden & vitrage dengan warna yang sama (mungkin bisa lebih tua atau muda sedikit).

3. Mintalah diukur oleh toko terlebih dahulu, sebelum dibuat,
Hindari pilihan pengukuran sendiri oleh kita, karena terkadang perhitungan kita tidak sesuai dengan yang seharusnya. Para pegawai atau pemilik toko horden sudah memiliki pengalaman, sehingga mereka bisa mengukur dengan tepat.

4. Mintalah toko memasang horden & vitrage beserta aksesoriesnya,
Biasanya bila kita memesan & membeli horden dan vitrage, sudah termasuk jasa pemasangan. Tetapi tidak ada salahnya bila kita memastikan hal tersebut sebelum bertransaksi.

Entry filed under: Tentang Rumah. Tags: .

Kisah di Metro Mini (kurang bayar) Tips Memilih Furniture Jati (Klender atau S**** Galeri)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 377,304 hits

Categories


%d bloggers like this: