Jalan-Jalan ke Singapura (Sentosa, Zoo, Bird Park, dll)

March 24, 2010 at 4:58 am 4 comments

Saat ini, liburan ke Singapura bukanlah sesuatu yang mewah bagi kebanyakan orang yang Indonesia yang berkemampuan ekonomi menengah ke atas. Apalagi dengan adanya berbagai kemudahan dari pemerintah bagi warga negara Indonesia untuk pergi keluar negeri, misalnya penghapusan fiskal bagi pemegang NPWP. Selain itu, beberapa maskapai penerbangan sering memberikan tiket-tiket promo yang murah, bahkan terkadang gratis (misalnya : Air Asia), untuk tujuan negara-negara tertentu. Biasanya Singapura, Malaysia atau Thailand, maupun Hongkong.

Saya ingin berbagi sedikit pengalaman saat saya berkesempatan mengunjungi negeri singa ini, sekitar hampir 4 tahun yang lalu. Inilah ceritanya, dari kedatangan sampai kepulangan,

1. Harbour Front, pintu masuk Singapura melalui jalur laut.
Saat itu, sekitar tahun 2006, saya mengunjungi singapura melalui laut, dengan menumpang kapal ferry dari Batam Center (pulau Batam) ke Harbour Front. Karena saat itu masih ada biaya fiskal, bila bepergian keluar negeri. Bila menggunkan angkutan laut, biaya fiskal adalah 500 rb. Sedangkan bila menggunakan pesawat udara, biaya fiskal adalah 1 juta. Untuk tiket kapal laut, cukup murah, round-trip (Batam-Singapura-Batam) saat itu tidak sampai 150 ribu. Sebenarnya Harbour Front tidaklah terlalu istimewa, seperti pelabuhan laut lain. Tetapi yang menarik adalah Harbour Front juga dilengkapi dengan gedung perkantoran dan lokasinya berada sangat dekat dengan pusat kota singapura.
Selain itu, karena Singapura juga merupakan tempat tujuan wisata, maka banyak kapal-kapal pesiar yang berlabuh di Harbour Front. Salah satunya ada pada foto dibawah ini:

2. Sentosa Island, merupakan resort yang berupa pulau kebanggaan Singapura.
Menurut saya, sebenarnya Sentosa island mirip dengan kawasan ancol, Jakarta. Tetapi penataannya lebih baik. Disana ada pantai (Siloso beach), kemudian lapangan golf bertaraf internasional, taman bermain (mirip dufan), Patung Merlion yang besar sekali, akuarium raksasa (mirip sea world ancol) serta gondola (cable car). Ini salah satu contoh foto di Siloso beach :

Dengar-dengar dalam waktu dekat akan dibuka Universal Studio di Sentosa Island. Makin ramai saja pasti pengunjung Sentosa Island🙂.

3. Jurong Bird Park, merupakan taman burung yang terletak dibagian ujung barat Singapura.
Menurut saya, ini adalah tempat terbaik di Singapura yang saya kunjungi. Arealnya sangat luas dan banyak aneka spesies burung disini, diantaranya Elang, Betet, Pelikan, Flamenggo dan lain-lain. Ini salah satu gambar Pelikan yang saya ambil dari jarak cukup dekat,

4. Singapore Zoo, merupakan kebun binatang yang terletak dibagian tengah/utara Singapura.
Sebenarnya tempat ini tidak terlalu istimewa, tetapi saya akui, pihak pengelola sukses membuat tempat ini menjadi nyaman dan menawarkan beberapa hal istimewa, seperti safari night dan pertunjukan keahlian api. Tetapi kesulitan saya adalah mencari tempat shalat, karena nggak ada mushola. Terpaksa saya shalat disalah satu pondok didalam area kebun binatang. Ini foto saya disana, dengan salah satu fans saya😀

5. Pusat Perbelanjaan Mustafa, merupakan salah satu pusat perbelanjaan favorit saya di Singapura. Kita bisa belanja disana sampai larut malam (kl gak salah buka 24 jam). Saking asyiknya belanja disana, saya sampai lupa bahwa kereta terakhir sudah lewat. Jadi terpaksa pulang naik taksi. Hehehehe …..
Disana kita bisa belanja bermacam2 souvenir, baju, alat elektronik dan lain-lain.

6. Orchard Road, ini merupakan salah satu icon dari Singapura. Banyak sekali pusat perbelanjaan disini, seperti Paragon, Tang’s Plaza, Lucky Plaza dan mal-mal lain. Tetapi ada 3 tempat favorit saya disekitar Orchard Road, yaitu:
-. Rumah Makan Surabaya, dimana kita bisa makan pecel ayam dengan sambal yang lezat. Letaknya di Lucky Plaza, kl gak salah lantai 2.
-. Pinggir jalan Orchard road, dimana saya bisa makan es krim seharga 1 dolar singapura. Sambil duduk-duduk menghabiskan sore di Orchard.
-. Masjid di belakang Orchard road, dimana saya biasanya shalat setelah jalan-jalan mengitari Singapura.

7. Merlion, ini adalah simbol utama dari Singapura.
Bentuknya patung singa, dan dilengkapi dengan air mancur dari mulutnya. Ini gambarnya,

Gimana, tertarik untuk liburan kesana?

Entry filed under: Travelling & Perjalanan. Tags: .

Biaya & Tips-Tips untuk Renovasi Rumah Kanopi sebagai hiasan atau pelindung rumah

4 Comments Add your own

  • 1. Andrie  |  April 22, 2010 at 1:51 pm

    tertarik tapi uangnya blm cukup

    Reply
    • 2. depokmania  |  April 23, 2010 at 2:18 am

      nabung dl mas. hehehehe ….:)

      Reply
  • 3. ina  |  January 21, 2011 at 5:19 pm

    apa para pegawai d sentosa island atau d singapura zoo ada yg bkrudung cz sy dtawari krj d sana tp msh mikir2,takut ada diskriminasi thdp pkrja yg bjilbab.

    Reply
    • 4. depokmania  |  January 24, 2011 at 2:21 am

      Mb. Ina,

      Terus terang saya nggak memperhatikan, para pegawai di sentosa atau singapore zoo, apakah ada yang pake jilbab atau nggak. Jadi saya tidak bisa memberikan rekomendasi. Tetapi yang jelas, saya kesulitan mencari tempat untuk shalat disana. Akhirnya saya menggunakan tempat seadanya deh🙂.

      Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 377,304 hits

Categories


