Membeli Rumah Baru atau Bekas?

February 11, 2010 at 6:48 am Leave a comment

Memutuskan untuk membeli rumah bukanlah keputusan yang mudah dan apabila kita sudah berkeluarga, juga bukan merupakan keputusan pribadi kita. Ada dua alternatif dalam membeli rumah, yaitu membeli rumah baru atau rumah lama. Analisa saya, keduanya memiliki keuntungan dan kerugian, sbb:

1. Rumah Baru,

Tentu saja beda rasanya tinggal dirumah sendiri, apalagi rumah baru dibandingkan kita tinggal dirumah keluarga kita atau menyewa rumah. Tetapi tentu saja biaya membeli/membangun rumah baru lebih mahal dibandingkan rumah lama. Terlepas dari rumah kita tersebut terletak didalam kompleks perumahan atau rumah kampung. Selain itu, karena rumah kita baru, maka biasanya lokasinya akan berada ditempat yang agak jauh dari pusat kota/keramaian. Maklum, karena harga tanah dipusat kota/keramaian pasti sudah sangat tinggi.

Menurut saya, kepuasan yang kita dapatkan saat membeli/membangun rumah baru tidak bisa dibandingkan dengan hal lain. Jadi, meskipun biaya yang akan kita keluarkan relatif lebih mahal dibandingkan membeli rumah lama, tetapi kita bisa mendapatkan rumah yang kita inginkan (baik dari sisi design maupun kualitas materialnya). Berbeda dengan rumah lama, kita tidak bisa mengontrol tata letak ruang & kualitas material bangunan.

2. Rumah lama,

Yang namanya juga rumah lama, jadi kita harus bersedia menerima apapun kondisinya, apabila kita sudah setuju untuk membelinya. Karena itu, kita harus benar-benar cermat & teliti sebelum memutuskan membeli rumah lama. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membeli rumah lama adalah kira-kira sbb:

a. Alasan pembeli lama menjual rumahnya, inilah yang pertama-tama harus kita ketahui secara pasti. Jangan sampai kita kena akibat yang tidak baik, karena membeli rumah lama tersebut. Karena bisa saja pemilik lama menjual rumahnya karena alasan keamanan maupun kenyamanan (misalnya langganan banjir, dll).

b. Umur rumah, semakin tua umur rumah, biasanya semakin banyak hal yang mesti kita perbaiki. Misalnya, bila rumah sudah diatas 5 tahun umurnya, kita mesti mengecek keadaan kayu-kayunya apakah sudah lapuk karena dimakan rayap, maupun kondisi atapnya, apakah sudah banyak bagian yang bocor.

c. Lingkungan, biasanya bila kita membeli rumah lama, kita akan mendapatkan lingkungan yang lama pula. Sebaiknya kita memperhatikan lingkungan lama tersebut, apakah sesuai dengan kita atau tidak.

d. Kemudahan akses, jalan/akses ke rumah lama biasanya sudah terbentuk sejak rumah itu baru didirikan. Biasanya kita tinggal menikmati akses yang sudah terbentuk. Jangan sampai kita membeli rumah lama, tetapi aksesnya sulit dijangkau. Kalau begitu, salah satu dari keuntungan yang harusnya kita dapatkan ketika membeli rumah lama, tidak kita dapatkan.

e. Harga, sudah hampir dipastikan bahwa rumah lama akan lebih murah harganya dibandingkan rumah baru (dengan spesifikasi yang sama).

Jadi semua terserah pilihan anda, mau beli rumah baru atau rumah lama. Sebaiknya kita tetap memperhatikan kemampuan keuangan kita, sebelum memutuskan pembelian rumah tersebut.

Entry filed under: Tentang Rumah. Tags: .

Tips-Tips Memilih & Membeli Rumah secara efisien, hemat & memuaskan Membeli Rumah secara KPR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 377,304 hits

Categories


%d bloggers like this: