Family’s Budget Management

July 28, 2009 at 4:03 am 4 comments

Manusia, sebagai mahluk sosial dan pribadi, memiliki berbagai macam kebutuhan dalam hidupnya. Kebutuhan tersebut akan meningkat, seiring dengan perjalanan hidupnya. Contohnya, ketika yang bersangkutan menikah dan memiliki anak. Jelas saja kebutuhan istri dan anaknya harus dipenuhi juga.

Tetapi, kemampuan dan penghasilan yang dimiliki oleh orang tersebut sangatlah terbatas. Karena itu, setiap manusia dituntut mampu untuk mengatur (manage) penghasilannya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.

Secara umum, ada 2 (dua) macam cara untuk megusahakan agar kebutuhan-kebutuhan kita dapat terpenuhi, sbb:

1. Meningkatkan penghasilan, sehingga semua kebutuhan dapat dipenuhi.
2. Membuat prioritas kebutuhan, sehingga penghasilan saat ini dapat memenuhi kebutuhan yang sudah kita atur (prioritaskan).

Cara pertama tentu saja yang paling kita dambakan. Tetapi, hal tersebut memancing/memungkinkan terjadinya hal-hal yang melanggar norma & etika. Misalnya, seseorang yang berusaha meningkatkan penghasilan dengan melakukan usaha yang ilegal (berjudi, menipu, korupsi, dll).

Cara yang kedua, sebenarnya akan sulit dilakukan, karena kita sebagai manusia harus dapat mengontrol hawa nafsu & keinginan kita, dikarenakan penghasilan kita tidak bisa memenuhi semua kebutuhan kita.

Cara yang terbaik (setidaknya menurut penulis), adalah kombinasi dari keduanya (cara 1 dan cara 2).

Peningkatan pendapatan, bisa dilakukan dengan bekerja dengan giat & baik, sehingga kita memiliki karir yang bagus dan Insya Allah pendapatan juga dipastikan meningkat. Selain itu, bisa juga dicoba melakukan usaha sampingan, dari hal-hal yang kecil. Misalnya, jual baju, sarung, dll ke teman-teman kantor/tetangga. Asalkan halal & tidak melanggar norma/etika.

Dalam membuat prioritas kebutuhan, yang paling utama adalah melunasi semua kewajiban/utang yang kita miliki sesuai dengan jadual yang disepakati (tagihan listrik, telepon, PAM, kartu kredit, KPR, dll). Karena bila kita tidak bisa menunaikan kewajiban/utang tepat waktu, maka citra/image kita akan rusak, dan kewajiban/utang tersebut akan semakin menumpuk kedepannya. Setelah semua kewajiban tuntas, selanjutnya adalah kebutuhan primer (zakat, makanan, pakaian secukupnya, tempat tinggal dan pendidikan anak). Untuk kebutuhan primer ini, usahakan kita dapat memenuhi standard yang layak. Tetapi, janganlah kita menghabiskan seluruh pendapatan kita untuk kebutuhan ini. Karena kita masih memiliki kebutuhan lain yang harus dipenuhi, yaitu menabung (sebagai prioritas berikutnya). Memiliki tabungan adalah sesuatu yang wajib untuk saat ini, karena kita tidak bisa memprediksi kebutuhan-kebutuhan yang bisa saja datang secara mendadak (misalnya sakit, bencana alam, dll). Setidaknya sisihkan 5% atau 10% setiap bulan, secara konsisten, untuk menabung. Setelah ketiga kebutuhan utama terpenuhi (pelunasan kewajiban, kebutuhan primer & menabung), dan masih ada sisa dari penghasilan, maka dapat digunakan untuk refreshing/bertamasya dengan keluarga.

Entry filed under: Budget Management. Tags: .

Excellent Serve (Pelayanan Prima) Sekilas Mengenai OSS

4 Comments Add your own

  • 1. gyannara  |  July 28, 2009 at 4:13 am

    1.”yang paling utama adalah melunasi semua kewajiban/utang yang kita miliki sesuai dengan jadual yang disepakati (tagihan listrik, telepon, PAM, kartu kredit, KPR, dll”–> nanti ngak ada kerjaan buat Debt collecor donk:D. jangan menutup mata pencaharian orang donk, hehehe

    Reply
    • 2. depokmania  |  July 28, 2009 at 4:20 am

      bukan begitu pak Ronald. Khan rezeki orang udah diatur oleh Allah SWT, jadi gak usah khawatir dengan hal ini🙂.

      Reply
  • 3. Tri Drian  |  July 28, 2009 at 4:20 am

    5% – 10% tidak tergerus inflasi ya ?

    Reply
    • 4. depokmania  |  July 28, 2009 at 4:24 am

      meskipun inflasi, tetapi persentase untuk tabungan jangan dikurangi pak🙂

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 377,480 hits

Categories


%d bloggers like this: