Pembayaran Extra untuk memperpendek jangka waktu cicilan KPR, kenapa tidak?

June 17, 2011 at 3:42 am 2 comments

Memiliki rumah merupakan impian dari setiap keluarga, karena itu banyak cara yang dilakukan oleh setiap keluarga untuk dapat segera memiliki rumah sendiri. Salah satunya adalah dengan menggunakan fasilitas KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dari bank-bank yang menyediakannya.

Memang sekilas nampaknya KPR sangat membantu para keluarga baru/muda untuk segera dapat memiliki rumah. Tetapi sebenarnya ada konsekuensi yang ditanggung oleh orang/keluarga yang mengambil fasilitas KPR tersebut, yaitu cicilan per bulan yang mesti ditanggung oleh keluarga tersebut selama jangka waktu tertentu, misalnya 10 atau 15 tahun.

Tetapi jangan khawatir, menurut pengalaman saya, biasanya hanya pada periode awalnya saja yang berat (selama beberapa bulan atau 1 tahun dari mulai membayar cicilan KPR). Setelah itu, biasanya kita sudah mulai terbiasa.

Oya, sebagai informasi, biasanya pihak bank konvensional (bukan bank syariah) membebankan sebagian besar biaya bunga/interest pada awal-awal masa cicilan. Jadi bila kita teliti detail tagihan KPR bulanan kita (bisa melalui rekening koran atau print detil tagihan KPR), maka akan terlihat dengan jelas bahwa pada awal-awal tahun masa cicilan, jumlah bunga yang dibayarkan jauh lebih besar dari jumlah cicilan pokok hutang yang dibayarkan.

Karena saya menggunakan bank konvensional dalam mengambil KPR, maka saya juga mengalami hal ini. Awalnya saya agak kaget, karena saya rasa hal ini tidak adil. Tetapi saya fikir inilah resiko yang saya ambil dari KPR tersebut.

Setelah mencicil selama 3 tahun, alhamduillah saya mendapat rezeki untuk segera membayar lebih (pembayaran extra untuk KPR, diluar cicilan bulanan). Setelah berkonsultasi dengan pihak bank, akhirnya saya putuskan untuk melakukan pembayaran extra sebesar kurang lebih 7x cicilan bulanan (misalnya cicilan bulanan Rp 1 juta, maka pembayaran extra saya Rp 7 juta). Karena syarat minimal pembayaran extra adaalah 5x cicilan bulanan.

Alhamdulillah, dengan pembayaran extra 7x cicilan bulanan, saya dapat mengurangi periode cicilan sebanyak 24 bulan. Alhamdulillah :)

Entry filed under: Tentang Rumah. Tags: .

Cerita tentang keikhlasan Shalat Shubuh di Masjid Taman ditengah Rumah

2 Comments Add your own

  • 1. haris  |  November 21, 2012 at 12:01 pm

    adakan biaya tambahan ketika kita melakukan cicilan ekstra?
    karena teman saya di bank lain ketika cicilan ekstra kena biaya perubahan akad (dia mengurangi lama angsuran, besar angsuran tetap)

    Reply
    • 2. depokmania  |  February 7, 2013 at 6:12 am

      Pak Haris, kalo pembayaran extra di BTN tidak kena biaya tambahan.

      Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 316,766 hits

Categories


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 36 other followers

