Kanopi didepan rumah, keindahan & kenyamanan

November 11, 2010 at 7:14 am 3 comments

Alhamdulillah, akhirnya terpasang juga kanopi didepan rumah kami sabtu kemarin. Sebenarnya sudah cukup lama kami merencanakan untuk memasang kanopi didepan rumah, tetapi karena ada beberapa pertimbangan, baru bisa dilaksanakan minggu lalu.

Saya menggunakan jasa bengkel langganan saya yang lama untuk kanopi ini, karena saya ingin membandingkan kualitas dan harga, dengan bengkel langganan saya yang lain. Alhasil, setelah dilakukan pengukuran, luas kanopi yang akan dibuat adalah 16 M2, dengan panjang 4.6 M dan lebar 3.5 M, dengan harga per M2 lebih kurang Rp 407 ribu. Harganya cukup tinggi, karena saya menggunakan bahan besi tempa yang dicat warna tembaga (kuning kecoklatan) dan fibernya dengan tipe “twin lite”.

Awalnya pihak bengkel menawari saya menggunakan fiber tipe “solar lite” yang harganya sedikit lebih murah dibandingkan twinlight. Tetapi kualitasnya kurang baik dibandingkan twin lite. Jadi sekarang saya punya tambahan referensi untuk tipe fiber yang digunakan untuk kanopi, sbb (urutannya dari yang termurah & kualitasnya paling rendah):

-. X-lite
-. Solar lite
-. Twin lite

Oya, jangan lupa bila membuat kanopi, terkadang pihak bengkel menghitung luasan dengan mempertimbangkan lengkungan kanopi, bukan hanya luasan bidan tanah/lantai yang ditutupi oleh kanopi tersebut. Seperti pengelaman saya sewaktu membuat kanopi, dengan bengkel sebelum ini. Jadi tentu saja bila menghitung lengkungan tersebut, biaya yang kita bayarkan lebih mahal.

Hal yang sama juga terjadi sewaktu saya memesan pagar. Karena bentuk “gate” pada pagar saya tidak rata (tetapi melengkung), sehingga bagian tengah gate pagar saya lebih tinggi dibandingkan sekitarnya, maka perhitungan luas pagar adalah panjang bagian pagar yang paling tinggi dikalikan lebar pagar. Awalnya saya agak protes ke bengkel tersebut, tetapi pihak bengkel menyatakan bahwa seperti itulah cara perhitungannya. Akhirnya saya menyetujuinya.

Nah, sewaktu saya membuat kanopi untuk bagian depan rumah, pihak bengkel tidak menghitung lengkungannya, melainkan hanya luas permukaan/lantai yang ditutupi kanopi. Alhamdulillah, biayanya lebih murah dari yang saya duga :).

Ini adalah gambar kanopi rumah saya setelah terpasang,

Entry filed under: Tentang Rumah. Tags: .

Doa dan kemudahan Akhirnya KTP dan KK yang baru diterima

3 Comments Add your own

  • 1. Kanopi didepan rumah, keindahan & kenyamanan |  |  June 7, 2011 at 2:26 am

    [...] by : depokmania.wordpress.com [...]

    Reply
  • 2. udin  |  June 4, 2012 at 6:19 am

    pak kalau beli fibernya aja hitungannya permeter atau bagaImana pak, fiber kanopi saya rusak dibagian depannya saja, terima kasih pak berguna sekali infonya

    Reply
    • 3. depokmania  |  November 4, 2012 at 6:41 am

      Kl beli fibernya mesti 1 ball atau 1 gulungan. Saya nggak tau berapa ukurannya. Bila di dekat rumah Bapak ada toko “mega baja”, silahkan tanya kesana langsung. Menurut orang2 sih harganya kompetitif.

      Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 314,347 hits

Categories


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 36 other followers

