Cat outdoor (wheather proof) untuk bagian luar rumah kita

August 23, 2010 at 6:35 am 1 comment

Bermacam-macam jenis dan merk cat dijual untuk mempercantik dan memperindah rumah kita. Saat ini banyak sekali tersedia jenis dan merk cat yang bisa disesuaikan dengan keperluan kita maupun dengan budget yang kita miliki.

Idealnya, cat untuk keperluan dalam rumah (indoor) dan luar rumah (outdoor) berbeda. Karena perlakuan alam terhadap keduanya juga berbeda. Untuk indoor, biasanya tidak diperlukan cat dengan kualitas yang sangat baik. Karena lebih terlindung dari hujan maupun panas (cuaca luar). Sedangkan untuk outdoor, sebaiknya digunakan cat dengan kualitas yang terbaik.

Hal diatas yang menjadi pertimbangan utama saya & istri dalam pemilihan cat bagian depan rumah kami. Sekitar 2 bulan yang lalu kami mengubah warna bagian depan rumah kami dari krem, putih & hijau ke orange (volcanic splash), abu-abu dan putih. Untuk ketiga warna baru tersebut, kami menggunakan cat outdoor dengan kualitas yang sangat baik dari d**** dan ni**** paint. Untuk warna abu-abu dan putih, kami memilih cat dari d****, sedangkan cat warna orange (volcanic splash), kami menggunakan produk buatan ni**** paint.

Pertimbangan pemilihan kedua merk tersebut hasil diskusi dengan pemilik toko dan sharing pengalaman dari pelanggan mereka. Menurut dia, masing-masing merk (d**** dan ni**** paint) memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga secara keseluruhan hampir sama saja.

Sebagai informasi harga, untuk cat outdoor memang jauh diatas cat indoor (biasa). Harga yang kami dapatkan sbb:

-. Ukuran 2 L, cat ni**** paint orange (volcanic splash) seharga Rp 180 rb / kaleng
-. Ukuran 2 L, cat d**** abu-abu seharga Rp 165 rb / kaleng
-. Ukuran 2 L, cat d**** putih seharga Rp 160 rb / kaleng

Memang warna-warna cerah & favorit (seperti volcanic splash) harganya diatas warna standard (misalnya abu-abu atau putih).

Tetapi jangan khawatir, meskipun harganya mahal, kualitas yang didapatkan memuaskan dan cukup hemat cat. Saya hanya menghabiskan total 4 kaleng 2 L (2 kaleng abu-abu dan masing-masing 1 kaleng orange & putih) untuk mengecat seluruh bagian depan rumah saya (dengan luas keseluruhan dinding sekitar 50M2), termasuk pagar baru kami. Itupun masih ada sisa sedikit cat dari masing-masing warna.

Dari pengalaman saya diatas, mungkin saya bisa memberikan beberapa saran kepada rekan-rekan yang ingin memperbaharui cat rumah anda, sbb:

1. Untuk kualitas & kenyamanan, pilihlah cat sesuai dengan peruntukannya. Untuk bagian dalam rumah gunakan cat indoor dan untuk bagian luar rumah gunakan cat outdoor.
2. Cat outdoor lebih mahal harganya dibandingkan cat indoor, tetapi cat outdoor lebih tahan terhadap cuaca (hujan & panas).
3. Rencanakanlah keuangan (budgetary) sebelum memulai pengecetan. Jangan hanya berfikir untuk biaya material (cat) saja. Tetapi hitunglah upah pengecatan (bila mengecat sendiri). Karena jasa (upah) sering kali cukup signifikan biayanya.
4. Bila sebelum ini dinding anda sudah dicat, maka usahakanlah semaksimal mungkin untuk menghilangkan cat sebelumnya (menggunakan amplas). Agar didapatkan hasil pengecatan yang maksimal.

Gimana, siap mengganti tampilan warna bagian depan rumah anda?

About these ads

Entry filed under: Tentang Rumah. Tags: .

Bali, apakah seindah yang dibayangkan? Tolong hargailah waktu kami ….

1 Comment Add your own

  • 1. Tri Drian  |  August 24, 2010 at 4:42 am

    Menunggu hasil akhir cat tembok outdoor setelah beberapa bulan ke depan menahan panas dan dinginnya kota Depok…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 316,810 hits

Categories


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 36 other followers

%d bloggers like this: