Indahnya Kota Batu & Sekitarnya (Wisata didaerah Malang, Batu & Sekitarnya)

March 2, 2010 at 6:23 am 6 comments

Bagi orang-orang yang punya kesenangan travelling/jalan-jalan, mungkin tidak asing dengan kota Malang maupun kota Batu. Keduanya terletak di provinsi Jawa Timur, sekitar 2 atau 3 jam dari Surabaya, bila menempuh perjalanan darat.
Kebetulan sekitar 2.5 tahun yang lalu, saya & istri berkesempatan mengunjungi kota malang & batu. Berikut kutipan perjalanan kami & beberapa rekomendasi tempat yang cukup menarik untuk dikunjungi,

1. Perjalanan Lampung – Jakarta,
Karena saat itu istri saya masih berdomisili di lampung, sedangkan saya bertugas di Jakarta, maka kami menggunakan angkutan damri dari lampung ke Jakarta.

2. Perjalanan Jakarta – Malang,
Saat itu kami menggunakan kereta api Gajayana, yang berangkat dari Jakarta sekitar pukul 17.30 dan sampai di Malang sekitar pukul 09.00.

3. Perjalanan Malang – Batu,
Sesampainya di stasiun Kota, Malang, kami memutuskan menggunakan taksi untuk menuju hotel Purnama, yang terletak di kota Batu, yang sudah kami pesan sebelumnya. Jaraknya cukup jauh, saya rasa sekitar 15 sampai 20 KM.

4. Hotel Purnama,
Awalnya saya cukup kaget dengan tarif yang diberlakukan oleh Hotel Purnama, yang menurut saya cukup mahal, sekitar 500 – 600 ribu rupiah saat itu (week-end). Tetapi, begitu kami sampai disana, ternyata apa yang kami bayar cukup sesuai dengan fasilitas yang disediakan. Kami mendapatkan kamar yang luas, kemudian view taman yang asri. Serta lokasi yang cukup strategis, karena terletak dipinggir jalan raya, serta makan pagi & makan malam untuk 2 orang.
Menurut petugas hotel, hotel ini merupakan hotel terbaik dikawasan Malang-Batu, dan merupakan satu-satunya Hotel bintang 4 disana (saat itu).

5. Selecta,
Tujuan awal kami adalah Selecta. Menurut saya, selecta adalah sejenis taman yang ditata secara apik & cocok sekali untuk bertamsya bersama keluarga & menyegarkan pikiran yang penat setelah beraktivitas. Selain taman dengan bermacam-macam jenis bunga, terdapat juga beberapa lapangan kecil, dan merupakan tempat yang cocok untuk outbond, baik bersama keluarga maupun teman-teman. Di Selecta juga terdapat hotel, tapi saya lupa namanya. Selain itu, di Selecta juga banyak terdapat penjual buah-buahan, misalnya apel, terong belanda, jeruk dan lain-lain. Kelihatannya buah-buahan tersebut diproduksi oleh kebun-kebun warga didaerah Batu dan sekitarnya.
Saya & istri juga sempat membeli beberapa batang anggrek yang cukup cantik, untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan dari Selecta.
Dari hotel tempat kami menginap, kami menggunakan angkutan umum (angkot/angdes) untuk pergi ke Selecta. Cukup murah & sangat membantu.

6. Agrowisata
Setelah selesai mengunjungi Selecta, kami berangkat menuju Agrowisata Kusuma. Lokasinya juga sama di Batu. Cukup menarik, karena di Agrowisata ini kita bisa menjelajahi kebun Apel, yang bisa dikatakan tidak mbisa ditemui didaerah lain. Kamipun mencicipi apel segar yang langsung dipetik dari pohonnya. Selain itu, kami juga mengunjungi kebun jeruk dan mencicipi buah jeruknya. Rasanya sangat segar, mirip dengan jeruk sunkis.

7. Jatim Park
Tempat inilah yang paling berkesan bagi saya, selama kunjungan kami ke Batu. Karena kami awalnya tidak menyangka, di Batu memiliki tempat dengan fasilitas pembelajaran bagi anak-anak sebaik Jatim Park, diantaranya taman ilmu pengetahuan, banyak hal-hal yang ditunjukkan, seperti prinsip kerja roket, dan lain-lain. Benar-benar sangat berguna bagi anak-anak (terutama anak SD) untuk mempelajari dasar-dasar ilmu pengetahuan.
Selain itu, di Jatim Park juga terdapat aneka miniatur Masjid, Candi, patung dan lain-lain. Juga terdapat taman burung (isinya beraneka macam burung) dan taman Reptil.
Cukup mengagumkan.

8. Selorejo,
Kunjungan kami yang terjauh adalah Selorejo, yang merupakan sebuah danau yang ditengahnya ada pulau kecil yang terdapat kebun jambu biji. Danaunya cukup luas & kami sempat menggunakan jasa perahu untuk mengitari danau tersebut selama hampir 2 jam. Sunggung menyenangkan.
Tetapi perjalanan yang ditempuh ke Selorejo juga cukup lama, hampir 2 jam dari Batu. Saya rasa, Selorejo berada ditengah-tengah kota Batu & kota Kediri.
Kami juga makan siang dipinggir danau Selorejo, tentu saja dengan menu ikan & kawan-kawannya :).

9. Toko Anggrek Barokah,
Toko Anggrek ini adalah yang paling besar & terkenal di Batu. Kami sempat mengunjunginya & membeli beberapa batang anggrek yang amat cantik, tentu saja dengan harga yang cukup murah bila dibandingkan dengan harga di Lampung.

Setelah puas berjalan-jalan & membeli anggrek di Batu, kamipun pulang ke Jakarta, kemudian ke Lampung. Meskipun badan lelah, tapi kami cukup puas dengan liburan kali ini.

Mau coba ke Batu? Dijamin nggak nyesel deh

About these ads

Entry filed under: Travelling & Perjalanan. Tags: .

Pemindahan Gaji Bagi PNS Mutasi Pesona Tokyo & Sekitarnya

6 Comments Add your own

• 1. Tri Drian  |  March 2, 2010 at 6:33 am

Kok tidak ada fotonya ?

• 2. depok mania  |  March 2, 2010 at 6:35 am

Maaf bung Drian, koleksi fotonya tidak terbawa, masih dirumah. Mudah-mudahan bisa disusulkan segera.

• 3. Dila  |  March 22, 2010 at 3:29 am

Terima kasih atas infonya. Sangat bermanfaat bagi kami yang sedang merencanakan sebuah liburan keluarga.

• 4. depokmania  |  March 22, 2010 at 8:05 am

Oke, sama-sama. Semoga liburannya menyenangkan.

• 5. Norma  |  February 17, 2011 at 3:31 am

naek taxi dari malang ke batu brapa ya??makasih

• 6. depokmania  |  February 17, 2011 at 11:39 am

Saya naik taxi dari stasiun kota malang ke hotel Purnama di Batu (jalan menuju selecta), kena 80 ribu-an bu. Kayaknya emang tarif taxi dimalang rada mahal deh.