Pemindahan Gaji Bagi PNS Mutasi

February 23, 2010 at 6:09 am 44 comments

Langkah terakhir & terpenting bagi PNS yang mutasi, setelah mendapatkan SK Mutasi dari BKN Kantor Regional tujuan, adalah memindahkan pembayaran gaji dari daerah asal ke daerah tujuan. Hal ini dikarenakan setiap daerah sudah memiliki otonomi masing-masing, pembayaran gaji PNS yang mutasi adalah menjadi tanggungjawab penuh daerah tujuan. Dibawah ini adalah langkah-langkah untuk pemindahan gaji PNS mutasi, berdasarkan pengalaman pribadi kami:

1. Mulai berdinas di instansi tujuan,
Setelah menerima SK dari BKN Regional daerah tujuan, kita menyerahkan salinan SK yang ditujukan pada pimpinan instansi tujuan (misalnya Walikota/Bupati atau Gubernur) ke bagian BKD. Setelah itu, pihak BKD akan menginformasikan kapan kita bisa mulai masuk bekerja di instansi tujuan.

2. Mendapatkan Surat Keputusan Penempatan,
Meskipun kita sudah menerima SK dari BKN Regional, tetapi SK tersebut tidak menyebutkan secara spesifik penempatan kita pada instansi tujuan. Misalnya apakah akan bertugas di dinas pendapatan daerah, atau Badan Kepegawaian Daerah atau dinas-dinas lain. Nah, kita akan segera mendapatkan surat penempatan yang ditandatangani oleh pimpinan instansi, dimana kita akan ditempatkan. Pengalaman saya, ini memerlukan waktu sekitar 1-2 minggu.

3. Mengurus Surat Penghentian Pembayaran,
Setelah mendapatkan surat keputusan penempatan, kita dapat mengurus surat penghentian pembayaran gaji ke BKD daerah asal. Mungkin kita bisa melakukannya sendiri atau meminta bantuan saudara/teman kerja untuk membawakan kopi Surat Keputusan Penempatan dan mengurus surat penghentian pembayaran gaji. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 1-2 minggu untuk mendapatkan surat penghentian pembayaran gaji, dari BKD daerah asal. Pada surat tersebut, akan disebutkan bahwa pembayaran gaji si “A” mulai bulan (misalnya Juni) akan dilakukan oleh instansi tujuan (tempat berdinas saat ini), bukan oleh instansi asal.

4. Mengurus administrasi pembayaran gaji pada instansi tujuan,
Setelah mendapatkan surat penghentian pembayaran gaji dari BKD daerah asal, maka kita tinggal menyampaikan surat tersebut ke pejabat yang berwenang pada instansi tempat kita berdinas sekarang (biasanya bendahara atau bagian keuangan), dan menunggu pembayaran gaji kedepannya yang akan dibayarkan oleh instansi tempat berdinas sekarang. Untuk pemda/pemkot/pemkab tertentu, yang pembayaran gaji sudah melalui transfer bank, biasanya kita diminta untuk membuka rekening dibank yang sudah bekerja sama dengan pihak pemda/pemkot/pemkab tersebut. Biasanya Bank Pembangunan Daerah (BPD) atau Bank milik daerah.

Selamat mencoba.

Entry filed under: Mutasi PNS antar daerah. Tags: .

Apakah Migrasi ke IP harus dilakukan? Indahnya Kota Batu & Sekitarnya (Wisata didaerah Malang, Batu & Sekitarnya)

44 Comments Add your own

  • 1. Tri Drian  |  February 24, 2010 at 7:38 am

    Judulnya kok PNMS ?
    Kebanyakan kerja nih…

    Reply
  • 2. depokmania  |  February 24, 2010 at 7:44 am

    jadi malu, salah tulis :D

    Reply
    • 3. Tri Supriandono  |  September 17, 2011 at 2:43 pm

      Pak ada contoh permohonan lolos butuh mutasa untuk guru PNS ga, kalau punya mohon dibagi ke email saya. Trimakasih banyak,,,,

      Reply
      • 4. depokmania  |  September 20, 2011 at 4:25 am

        Pak Tri,

        Saya punyanya surat permohonan untuk mutasi PNS. Saya fikir itu juga bisa digunakan sebagai surat permohonan lolos butuh.

        Saya akan kirim via email.

  • 5. johnie  |  July 11, 2010 at 7:59 am

    ada file contoh permohonan untuk mutasi pns ngak? khususnya mutasi guru PNS antar kota/kab, tolong share ke saya donk, terimakasih

    Reply
    • 6. depokmania  |  July 12, 2010 at 1:56 am

      Dear pak Johnie,

      Ada pak, nanti saya kirimkan via email ke alamat email Bapak.

      best regards,

      Indra

      Reply
  • 7. Dadan  |  October 29, 2010 at 2:34 pm

    Dear Pak Depok mania,

    Saya PNS di BPPT Jakarta yang sekarang sedang dalam proses mutasi ke provinsi Jawa Barat. Sebagai informasi 1. pimpinan di kantor saya belum mengetahui kalau saya sudah mengajukan permohonan mutasi, hal ini didasari atas saran dari kolega yang mengatakan bahwa untuk memperbesar peluang instansi asal jangan dulu di kasih tahu. 2. Alasan saya mengajukan mutasi adalah domisili saya di Bandung dengan kondisi istri sakit hepatitis B dan tiroid yang membutuhkan masa pengobatan yang sangat lama.

    Status proses mutasi saat ini saya sudah mendapatkan surat penerimaan dari instansi tujuan dalam hal ini Bappeda propinsi Jawa Barat serta surat permintaan persetujuan pindah instansi dari BKD Propinsi Jawa Barat. Pertanyaan saya adalah bagaimanakah proses selanjutnya dair proses mutasi saya? Saya mohon juga anda dapat mengirimkan contoh permohonan mutasi untuk instansi asal ke email saya.

    Terima kasih banyak sebelumnya atas pertolongan anda
    Wassalam

    Reply
    • 8. depokmania  |  November 2, 2010 at 7:05 am

      Wa’alaikumsalam wr. wb.,

      Menurut saya, sebaiknya sekarang anda mengurus surat izin pelepasan dari instansi asal (BPPT), dengan dasar surat persetujuan penerimaan dari Bappeda provinsi Jabar & BKD Jabar. Setelah itu, saya rasa anda dapat membawa surat persetujuan pelepasan dari instansi asal ke BKD Jabar untuk dibawa ke BKN regional terkait untuk mendapatkan SK mutasi.

      Contoh surat permohonan mutasi akan saya kirimkan via email pribadi. Tetapi contoh surat tersebut adalah permohonan ke instansi tujuan bukan ke instansi asal.

      Goodluck.

      Reply
  • 9. iqbal  |  January 14, 2011 at 7:35 am

    sy dosen IAIN jambi DPK univ. jambi, gaji dan admininstrasi kepangkatan sy di IAIN, rencana mau mutasi ke univ. jambi, rektor udah menyetujui, apakah sama prosedur mutasi dengan yang lain..?karena mutasi saya antar departemen, Depag dan Dikti..skalian minta format mutasinya via email..! trim’s sbelum dan ssdhnya

    Reply
    • 10. depokmania  |  January 14, 2011 at 9:05 am

      Mas Iqbal,

      Saya rasa secara umum prosedurnya sama. Saya sarankan anda menanyakan langsung ke bagian kepegawaian univ. jambi (tempat tujuan mutasi), agar mendapatkan penjelasan yang lebih akurat.

      Contoh mutasi akan saya kirimkan via email pribadi segera.

      Goodluck.

      Reply
  • 11. Budi Kurniawan  |  February 9, 2011 at 4:38 am

    ada file contoh permohonan untuk mutasi pns ngak? khususnya mutasi guru PNS antar kota/kab, tolong share ke saya donk, terimakasih

    Reply
    • 12. depokmania  |  February 9, 2011 at 5:19 am

      Pak Budi,

      Akan saya kirimkan contoh surat mutasi via email ke Bapak.

      Goodluck.

      Reply
  • 13. nani  |  February 18, 2011 at 12:38 pm

    brp lm masa kerja pns minimum yg boleh mngajukan mutasi? Apa bs cpns mngajukan mutasi?

    Reply
    • 14. depokmania  |  February 18, 2011 at 1:35 pm

      Dear bu Nani,

      Setahu saya, biasanya minimal 2 atau 3 tahun, setelah itu mengajukan mutasi. Tetapi coba anda cek lagi, apakah sebelum menerima SK CPNS anda mendatangani surat pernyataan minimal lama kerja sebelum mengajukan mutasi? Bila iya, maka periode itulah.

      CPNS seharusnya belum bisa mengajukan mutasi.

      Reply
  • 17. siti  |  March 18, 2011 at 3:41 am

    salam kenal pak
    sy jg berencana mengajukan mutasi mengikuti suami dlm wkt dkt ini
    1. apakah proses/jalurnya sama jika sy dan suami tmpt kerjanya brbeda propinsi dan regional BKN
    2. apakah alasan kehamilan dan sendirian tdk ada sanak keluarga bs dijadikan alasan tuk memperepat proses mutasi meskipun baru sj diangkat jd PNS (tdk ada penandatanganan srt prnyataan minimal lama bekerja)
    3. mohon sy dikirimi jg contoh srt mutasi
    trimakasih banyak pak

    Reply
    • 18. depokmania  |  March 18, 2011 at 12:45 pm

      Dear bu Siti,

      Saya akan coba menjawab pertanyaan ibu sbb:

      1. Iya, proses dan jalurnya sama. Hanya perlu penyesuaian pengurusan pada regional BKN terkait.
      2. Alasan kehamilan mungkin bisa menjadi alasan yang kuat (saya rasa). Tetapi menurut saya, apakah itu tidak akan jadi halangan bagi daerah tujuan, menerima pegawai mutasi yang sedang hamil. Karena nantinya dikhawatirkan baru bekerja/pindah sebentar, langsung cuti melahirkan (hanya dugaan saya saja sih, mudah-mudahan salah).
      3. Contoh surat mutasi akan saya kirimkan ke email Ibu.

      Goodluck.

      Reply
      • 19. siti  |  March 18, 2011 at 1:35 pm

        trmkasih ats sharingnya
        yg sy maksud tuk alasan pindah krn hamil adalah tuk menguatkan aja (minta kebijaksanaan dr atasan dkrnkn agak sulit melepas), tanpa ditulis di srt permohonan mutasi (alasan utama ttp mengikuti suami), kira2 bgmn kans nya?
        pernah terpikir tuk membuat srt permohonan mutasi ke daerah tujuan tanpa diketahui atasan dlm suratnya, apakah itu tdk riskan?mengingat kepala instansi asal mempunyai wewenang rekomendasi tuk melepas/tidak, ataukah sy mengikuti format yg dkehendaki daerah tujuan saja (srt permohonan mutasi dg diketahui atasan)

      • 20. depokmania  |  March 19, 2011 at 8:04 am

        Bu Siti,

        Bisa saja bu, tapi tampaknya tergantung kepada atasan Anda. Bila dia mengerti keadaan Anda, mestinya dia tidak mempersulit.

        Nah, kl surat permohonan mutasi tanpa persetujuan atasan, setahu saya tidak bisa. Karena setahu saya, surat permohonan mutasi dibuat dengan sepengetahuan dan izin atasan.

      • 21. kukusan_mania  |  August 13, 2011 at 5:33 am

        salam kenal mas depokmania, boleh minta contoh surat mutasinya ke email saya yah … soalnya saya juga sedang berusaha mengajukan mutasi istri pns di kalimantan ke jawa, agar bisa berkumpul lagi dengan keluarga … makasih atas bantuannya …

      • 22. depokmania  |  August 15, 2011 at 1:46 am

        Dear mas Kukusan_mania, Ok, akan saya kirimkan via email ya.

        Goodluck.

  • 23. Shadix  |  April 14, 2011 at 5:00 am

    Pak, mohon sedianya saya dikirimkan contoh surat permohonan mutasinya.. saat ini saya butuh banget.. Makasih banyak..

    Reply
    • 24. depokmania  |  April 15, 2011 at 2:06 am

      Pak Shadix,

      OK, akan saya kirimkan via email.

      Goodluck.

      Reply
  • 25. ita  |  April 17, 2011 at 7:25 am

    minta tlg bgi infonya pak:
    1. sy msh CPNS d Pemkot,rncna bln sept th ini mau LPJ/Prajab, di jadwalkan Oktober SK Pengangkatan PNS sy keluar, bs tdk sy mengajukan mutasi bln april th 2012,mengingat sy tdk ada penandatanganan perjanjian ikatan dinas dg Pemkot setempat..yg d mksd 2 atau 3 th msa kerja itu di hitung dr SK CPNS keluar atau SK PNS nya?
    2. Jk sy dinas d wil Kanreg VII/Palembang & hendak mengajukan mutasi ke wil Kanreg XII/Pekanbaru,hrskah berkas pengajuan mutasi sy d urus d BKN Pusat? atau bisa melalui Kanreg VII/Palembang & Kanreg XII/Pekanbaru sj?
    3.Kira2 punya no telp contact person dr kedua Kanreg tsbt yg bsa sy hub gak pak

    trmksh

    Reply
    • 26. depokmania  |  April 19, 2011 at 5:01 am

      Bu Ita,

      1. Setahu saya, perhitungannya berdasarkan SK PNS ya. Tetapi terus terang saya belum pernah menemukan aturan tertulis mengenai hal ini.

      2. Menurut pengalaman saya, pengurusan dilakukan di BKN kanreg terkait, dalam hal ini kanreg VII dan kanreg XII. Nantinya setelah ada SK mutasi dari kanreg tujuan, barulah kopi-nya dikirimkan ke BKN pusat.

      3. Mohon maaf, saya tidak punya no. telpon contact person dari kedua kanreg tersebut.

      Goodluck.

      Reply
  • 27. Norman  |  April 19, 2011 at 8:04 am

    Pak sy ada keinginan mutasi dari pemkot ke suatu UPT departemen (pusat) spy dekat dgn orgtua & adik yg menjadi tanggungan sy. Bagaimana caranya & bolehkah sy minta di-emailkan contoh surat permohonan mutasinya? Trimakasih sebelumnya

    Reply
    • 28. depokmania  |  April 21, 2011 at 5:07 am

      Pak Norman,

      Untuk caranya, saya rasa hampir sama dengan yang sudah saya sampaikan ditulisan saya. Hanya saja, surat lolos butuh dikeluarkan oleh UPT departemen (pusat), bukan oleh pemkot/pemda.

      Saya akan mengirimkan contoh surat mutasi via email.

      Goodluck.

      Reply
  • 29. simbok  |  October 11, 2011 at 8:32 am

    pak,bsa mta tlg contoh surat pengajuan mutasi d krm via eml k simbok.idoel@gmail.com? trmksh

    Reply
  • 33. indah  |  May 24, 2012 at 1:47 pm

    Apa bisa saya minta contoh surat permohonan mutasi antar daerah?
    Terima kasih

    Reply
    • 34. depokmania  |  November 4, 2012 at 1:54 pm

      Bisa, silahkan lihat di tulisan saya yang lain di blog ini.

      Reply
  • 35. lina  |  June 18, 2012 at 8:46 am

    Tq atas infonya,ini sgt berguna buat sy krn kebtlan sy baru mendapatkan SK mutasi jd selanjutnya akan melangkah ke pengurusan pemindahan gaji,skli lg tq ya…

    Reply
    • 36. depokmania  |  November 8, 2012 at 11:00 am

      Selamat ya bu Lina, mudah2-an lancar.

      Reply
  • 37. rotiberkat  |  July 10, 2012 at 3:31 am

    bisa kirim ke email saya mas..threadnya sangat membantu skali..saya akhir tahun ini mau menikah, kebetulan saya kerja di pns dijakarta calon saya di daerah tangerang selatan ..dan kami telah mempunyai rumah di perbatasan tangerang selatan dan bogor..jadisaya mau ikut calon suami saya mas..mohon bantuannya ya..tq

    Reply
    • 38. rotiberkat  |  July 10, 2012 at 3:32 am

      oiya mas calon suami saya juga pns mas..tq

      Reply
    • 39. depokmania  |  November 5, 2012 at 1:15 am

      Ibu, mohon maaf untk saat ini saya tidak bs reply email. Tetapi untk prosedur mutasi sendiri bs di cek ditulisan saya diblog ini.

      Reply
  • 40. cahyadi2004@gmail.com  |  August 15, 2012 at 3:33 pm

    minta tolong bos contoh surat mutasi antar propinsi dari awal sampai akhir makasih ya …tlg kirim ke email: cahyadi2004@gmail.com makasih bny pak

    Reply
  • 42. Ridha Yuliana  |  October 15, 2012 at 3:10 am

    sy berencana pindah dari Pemkot Palu ke Kab. Tanah Bumbu utk ikut suami,,, Pemkot Palu meminta surat lolos butuh dari Pemkab. Tanah Bumbu sbg persyaratan,, Tanpa mengurangi rasa hormat sy kpd bapak,, Tanpa mengurangi rasa hormat sy kpd bapak,, sy meminta tlg kepada bpk utk mengirimkan contoh surat lolos butuh tersebut,, terima kasih sblm nya…

    Reply
    • 43. depokmania  |  November 8, 2012 at 8:32 am

      Bu Ridha, mohon maaf saya tidak bisa mengirimkan contoh surat lolos butuh dari instansi tujuan. Setahu saya sih format surat lolos butuh dari instansi tujuan itu tergantung instansi yang bersangkutan, tidak ada format khusus sepertinya.

      Reply
  • 44. hani  |  November 19, 2012 at 7:29 am

    pak…mau nanya dulu, brp lama ya proses keluarnya SK mutasi dari BKN setelah dikirimnya surat lolos butuh..terimakasih

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 308,114 hits

Categories


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 36 other followers

