Memori perjalanan Jakarta-Bandar Lampung

January 26, 2010 at 6:37 am 23 comments

Tak terasa sudah hampir sebulan, saya meninggalkan ritual wajib mingguan yang rutin saya laksanakan, yaitu perjalanan jakarta-bandar lampung-jakarta. Hampir 2,5 tahun saya menjalani ritual tersebut.
Sebelum keluarga (istri & anak) saya pindah ke depok, saya selalu pulang ke Bandar Lampung diakhir minggu. Biasanya selepas isya saya berangkat dari kantor (dibilangan Sudirman, Jakarta) menuju tempat kediaman mertua saya (dimana saat itu istri & anak tinggal dirumah mertua) di Bandar Lampung. Kemudian pada minggu malam (juga selepas isya), saya kembali ke jakarta untuk bekerja.

Ada beberapa alternatif yang bisa kita ambil bila ingin menempuh perjalanan ke Bandar Lampung, diantaranya sbb:

1. Pesawat (Bandara Soekarno Hatta – Bandara Radin Inten II). Ini alternatif yang paling cepat & mahal :D, karena perjalanan udara dapat ditempuh kurang dari 1 jam. Tetapi karena letak Bandara Soekarno Hatta & Radin Inten II jauh dari pusat kota, harus disediakan waktu yang cukup untuk melaksanakan perjalanan darat. (FYI, jarak dari pusat kota Bandar Lampung ke Bandara Radin Inten II sekitar 25 KM).
Saat ini setidaknya ada 2 maskapai penerbangan yang melayani jalur Jakarta-Bandar Lampung dan Bandar Lampung-Jakarta, yaitu Sriwijaya Air (sekitar 5 trip per hari) dan Garuda Indonesia (sekitar 2 trip per hari). Untuk harga tiket, sekitar 400-500 ribu (bukan peak season) per trip.

2. Menggunakan Damri (waktu tempuh sekitar 8 jam), alternatif lain yang bisa ditempuh & cukup nyaman. Untuk Jakarta, damri ke Bandar Lampung berangkat dari stasiun Gambir & tiba di Stasiun Tanjung Karang (dan sebaliknya). Baik dari Jakarta maupun Bandar Lampung, jadual keberangkatannya adalah pagi (jam 8, 10 pagi) & malam (jam 8, 9, 10 malam). Dari Bandar Lampung, ada juga damri dengan tujuan Bandung (stasiun Hall), dan kalau tidak salah berangkatnya jam 8 malam. Begitu juga sebaliknya, dari Bandung ke Bandar Lampung.
Untuk tiket damri Jakarta-Bandar Lampung dan sebaliknya, ada 2 macam yaitu VIP dan Eksekutif. Harga tiket VIP sekitar 110-115 ribu dan untuk Eksekutif sekitar 140-150 ribu.
Dari Jakarta, selain tujuan Bandar Lampung, ada juga damri dengan tujuan kota-kota lain di Lampung, yaitu Metro, Pringsewu dan Bandar Jaya. Juga sebaliknya dari kota-kota tersebut ke Jakarta, tersedia angkutan damri, yang keberangkatannya sekitar pukul 8 malam.
Tampaknya mobilitas penduduk Lampung (terutama dari kota-kotanya) ke Jakarta cukup banyak, sehingga pihak Damri membuka & terus menambah jumlah armadanya untuk melayani jalur tersebut.

3. Menggunakan Bus Regular (waktu tempuh sekitar 8 jam), Alternatif ketiga adalah menggunakan angkutan bus regular Jakarta-Merak, naik kapal Feri/Ro-Ro (Roll in Roll out) Merak-Bakauheni, dan bus Bakauheni-Rajabasa. Bila dilihat secara ekonomis, alternatif ke-3 ini yang paling menguntungkan. Karena kita cuma menghabiskan 50-70 ribu, tergantung jenis bus yang kita gunakan. Bila kita menggunakan bus ekonomi akan lebih murah dibandingkan bus AC (Patas). Secara umum, bus-bus tujuan ke merak pasti melewati Jakarta (biasanya berhenti di tomang/seberang RS Harapan Kita) dan Kebon Jeruk (dekat pintu tol keluar), dan tersedia setiap saat (24 jam). Tarif bus ekonomi dari Jakarta ke merak adalah 16 ribu, AC ekonomi (seat 2-3)adalah 18 ribu dan AC patas (seat 2-2) adalah 20 ribu.
Yang cukup menarik dari perjalanan Jakarta-Bandar Lampung adalah adanya selat sunda yang harus diseberangi. Untuk menyeberangi selat sunda, kita bisa menggunakan Kapal Feri/Ro Ro maupun kapal cepat. Kapal Feri beroperasi 24 jam dalam sehari & bisa mengangkut kendaraan (bus, truk, mobil & motor), sedangkan kapal cepat hanya beroperasi dari jam 10 pagi sampai jam 3 sore, itupun bila cuaca cerah. Bila cuaca kurang bersahabat (misalnya hujan atau gelombang tinggi), kapal cepat sering kali tidak beroperasi, meskipun siang hari.
FYI, tiket kapal Feri adalah 10 ribu (untuk penumpang/per orang) untuk kelas ekonomi, sedangkan bila kita ingin menikmati ruang AC atau lesehan, kita bisa membayar tambahan 5 – 15 ribu untuk pindah kelas (ke kelas eksekutif atau kelas bisnis).
Sedangkan bila kendaraan bermotor roda 2, tarifnya sekitar 20 ribu (kalo nggak salah) dan mobil pribadi sekitar 200 ribu.
Sedangkan untuk kapal cepat, tarifnya per orang 30 ribu.
Sesampainya di Bakauheni (pelabuhan penumpang Lampung), kita bisa meneruskan perjalanan menggunakan bus regular ke terminal Rajabasa (Bandar Lampung). Untuk bus ekonomi, tarifnya 18 ribu dan bus AC tarifnya 22 ribu.

4. Menggunakan mobil pribadi (waktu tempuh sekitar 7 jam), alternatif ini cukup murah bila kita melakukan perjalanan lebih dari 4 orang. Karena total biaya untuk sekali jalan Jakarta-Bandar Lampung adalah sekitar 400 ribu (termasuk bensin, tol, kapal). Alternatif ini mungkin yang paling baik bila kita berpergian bersama anak balita atau orang manula. Karena kita bebas untuk istirahat/berhenti dimana saja (tentu saja tidak dipinggir jalan tol :D).

5. Menggunakan jasa profit (mobil baru yang akan diantar ke dealer), nah ini merupakan alternatif yang paling murah & nyaman. Karena kita bisa merasakan nyamannya mobil pribadi (disupirin pula) dan murahnya naik bus umum. Karena biasanya tarif Jakarta-Bandar Lampung hanya 75 ribu, yang jauh lebih murah dibandingkan mobil pribadi/damri.
Selamat berpergian ……

About these ads

Entry filed under: Travelling & Perjalanan. Tags: .

OSS untuk Domain Fulfillment Persamaan Patung Liberty & Disney Land

23 Comments Add your own

  • 1. gyannara  |  January 26, 2010 at 6:57 am

    Kasihan donk supir profit langganan lo, ngak nelponin tuh, hehehehe

    Reply
  • 2. depok mania  |  January 26, 2010 at 9:21 am

    Hehehehe … tenang aja beh, masih banyak pelanggan baru pengganti gue :)

    Reply
  • 3. cya  |  February 4, 2010 at 1:10 pm

    thanks its really help! Berarti berangkat dari Jkt jam 21 masih bisa sampai merak jam 24 kan?

    Reply
    • 4. depokmania  |  February 5, 2010 at 1:42 am

      Iya, bisa. Apalagi kalo naik mobil pribadi, bisa sampe lebih cepet malah.

      Selamat jalan-jalan

      Reply
  • 5. puji setiani  |  March 23, 2010 at 4:15 am

    hehehehe mas ceritanya sama dengan ceritaku…suamiku juga kerja di daerah sudirman bolak balik tiap minggu…hehehehe senasib.sib..sib…

    Reply
    • 6. depokmania  |  March 23, 2010 at 4:18 am

      Hahahaha … namanya juga demi anak & istri :D

      Reply
  • 7. john  |  August 9, 2010 at 8:18 pm

    Mas, boleh tau ga klo mo ikutan pake jasa profit itu gimana caranya yah? boleh banget tuh buat weekend ini… thanks

    Reply
    • 8. depokmania  |  August 10, 2010 at 6:04 am

      Boleh mas, nanti saya infokan via japri aja ya.

      Reply
  • 9. putri  |  September 13, 2010 at 7:08 pm

    Mas mau juga dong infonya untuk jasa profit itu

    Reply
    • 10. depokmania  |  September 17, 2010 at 2:26 am

      Mb. Putri,

      Untuk jasa profit ini, terus terang saya sudah lama nggak menggunakannya, hampir 1 tahun lalu terakhir saya naik profit. Dengar-dengar, sekarang sudah sulit menggunakan jasa profit tersebut, karena pengantaran sebagian mobil-mobil baru ke dealer di sumatra sudah menggunakan truk.

      Tp kl mau coba, mungkin kl anda naik kapal feri dari Merak ke Bakauheni, diatas kapal biasanya mereka menawarkan jasanya.

      Goodluck.

      Reply
  • 11. ayardansafa  |  November 5, 2010 at 7:13 am

    gue mau plg tapi blm pernah naik damri jakrta lampung karna selam ini pulang pake mobil pribadi. gue mau coba pake damri biar ada pengalaman.

    Reply
    • 12. depokmania  |  November 5, 2010 at 9:52 am

      Sip deh, kl cuma sendirian, naik damri lebih hemat & nyaman lho.

      Reply
  • 13. firman  |  November 25, 2010 at 12:53 pm

    Terima kasih infonya..
    Sangat membantu..

    Reply
    • 14. depokmania  |  November 27, 2010 at 5:57 am

      Sama-sama.

      Reply
  • 15. Timur  |  January 17, 2011 at 7:40 am

    Jadi inget dulu..saya sama jg tiap weekend PP Jkt-Lpg pake jasa Damri. Alhamdulillah sudah 2 tahun ud gak lagi.

    Reply
    • 16. depokmania  |  January 17, 2011 at 9:07 am

      Selamat mas, udah gak perlu bolak balik JKT – Lampung lagi. Dan yang terpenting udah bisa berkumpul sama keluarga :).

      Reply
  • 17. justitia rolly  |  December 27, 2011 at 8:46 am

    klo naik damri dr jakarta cm ada d gambir doang ya? klo dari bandara ada gak ?

    Reply
    • 18. depokmania  |  October 31, 2012 at 6:55 am

      Setahu saya cuma di Gambir aja

      Reply
  • 19. erlangga (@kolamkoki)  |  January 14, 2012 at 2:09 pm

    terima kasih infonya sgt membantu, btw utk DAMRI yg VIP ato Eksekutif fasilitas yg didpt apa aja ya? dan tiketnya hrs pesen dl ato bs lgsg on the go? krn rencananya liburan IMlek bln ini mau main ke Lampung, thx ya :)

    Reply
    • 20. depokmania  |  October 31, 2012 at 6:55 am

      Untuk damri VIP/Eksekutif, kita dapat ruang yang lebih luas untuk duduk (bisa selonjoran), karena 1 mobil hanya sekitar 30-an penumpang. Selain itu sama saja dengan kelas Bisnis.

      Reply
  • 21. Melva Erita Flora  |  May 25, 2012 at 4:54 am

    thks ya bwt infonya kbetulan mgu ini mau ke lampung pakai mobil pribadi karena bwa keluarga.

    Reply
  • 22. mio perdani  |  October 10, 2012 at 8:49 am

    damri jakarta lampung sekarang apa masih ad ya?

    Reply
    • 23. depokmania  |  October 31, 2012 at 6:34 am

      Damri Jakarta ke Lampung masih ada kok. Tarifnya sbb:
      1. Kelas Bisnis : Rp 115 ribu /orang
      2. Kelas Eksekutif : Rp 150 ribu /org

      Begitu juga sebaliknya dari lampung ke jakarta.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Counter

  • 302,436 hits

Categories


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 37 other followers

%d bloggers like this: